-->

Mengenal Cara Install serta Uninstall Program Aplikasi Komputer

Ada saatnya, Anda memerlukan software alias acara software tertentu, tetapi komputer Anda belum memilikinya. Bisa juga Anda memperoleh suatu file yang hanya mampu dibuka dengan acara tertentu. Nah, Anda butuh menginstal sendiri acara software tersebut. Demikian juga sebaliknya, Anda telah tak memerlukan acara tertentu serta ingin menghapus aplikasinya dari komputer untuk menghemat harddisk Anda.


Cara menginstal acara software komputer sangat mudah. Prinsipnya Anda tinggal mempersiapkan file installer-nya, baik dari CD/DVD, flashdisk, alias dari harddisk Anda. Bisa juga Anda mengunduh file installer acara software gratis tertentu terlebih dahulu di internet. 

Untuk membuang instalasi alias Uninstall, ada berbagai metode yang mampu Anda perbuat :

  1. Dari fitur Add/Remove Programs di Windows Anda.
  2. Dari menu Uninstall acara terkait di Start menu.
  3. Dari software bantu untuk uninstall (biasanya  diperlukan hanya apabila acara tak mampu dibuang dengan cara-cara sebelumnya).

Berikut merupakan langkah-langkah standar untuk menginstal acara komputer: 
  1. Buka Windows Explorer / My Computer, lalu temukan lokasi file installer (apakah di CD, di harddisk, serta sebagainya). Khusus untuk file installer CD, biasanya acara instalasi akan pribadi berlangsung begitu CD dimasukkan ke drive. Jika tidak, jadi Anda temukan lokasinya dengan Windows Explorer.
  2. Klik dua kali file installer (biasanya berkestensi .exe serta dengan foto ikon tertentu).
  3. Tahapan instalasi biasanya lumayan Anda selesaikan dengan menekan tombol Next serta Next sampai selesai. Biasanya di tahapan tersebut Anda diminta menyetujui EULA alias User Agreement, menentukan lokasi instalasi, serta menentukan alternatif pembuatan ikon-ikon shortcutnya di desktop serta start menu.
  4. Jika tahapan selesai, acara biasanya akan dijalankan dengan cara otomatis untuk pertama kalinya. Jika tidak, Anda mampu mengecek serta menjalankan dengan cara manual melewati menu Start > All Programs > nama acara (program yang baru saja diinstal biasanya diberi highlight alias warna latar kuning).

Adapun langkah membuang instalasi acara / Uninstall merupakan sebagai berikut : 
  1. Klik menu Start > All Programs > nama acara > Uninstall.
  2. Jika tak terdapat alternatif menu Uninstall di kelompok acara tersebut, jadi buka Start > Control Panel > Add/Remove Programs alias Program and Features (tergantung versi Windows Anda).
  3. Pada daftar acara terinstal yang ditampilkan, pilih nama acara yang akan Anda buang.
  4. Klik tombol Uninstall serta tunggu proses penghapusan dijalankan.
  5. Jika berhasil, jadi nama acara akan hilang dari daftar program.
  6. Jika acara gagal serta tak mau dibuang via tutorial di atas, jadi Anda butuh memakai software pihak ketiga untuk menolong uninstalasinya.
  7. Sebagai contoh, Anda mampu memakai CCleaner. Download tool ini di http://www.piriform.com/ccleaner/download lalu install.
  8. Setelah terinstal, jalankan CCleaner, lalu klik menu Tools > Uninstall, pilih nama program. Klik Run Uninstaller serta tunggu hasilnya. Jika tetap bandel, klik Delete Entry.