-->

Laptop Mulai Lemot? Coba Cek Penyebabnya

via blog.angpao.id
Kinerja Laptop yang lelet alias lemot pastinya akan sangat menyebalkan dan parahnya lagi pasti akan mengganggu dan menghambat pekerjaan kita. Bahkan terkadang masalah laptop lelet pun terjadi pada laptop dengan spesifikasi menengah keatas, namun satu hal yang kita fahami jika masalah lelet pada laptop dengan spesifikasi kelas menengah keatas ini pastinya faktor penyebabnya bukan karena spesifikasinya namun karena ada beberapa masalah atau penyakit yang terjadi pada daleman laptop alias softwarenya. Jadi jangan selalu install ulang yang menjadi jalan keluar untuk mengatasi masalah laptoop lelet ini, kenali dulu penyebabnya untuk mengatasi masalahnya. Nah untuk lebih detailnya tentang apa saja penyebab laptop menjadi lelet coba cek yuk penyebab-penyebabnya dibawah ini!..

1. Laptop Terkena Virus
via terminatio.org
Yap penyebab laptop menjadi lelet yang paling sering terjadi dan paling terkenal adalah karena laptop terkena virus. Maka dari itu jangan pernah lupa untuk menginstall antivirus di laptop kita, dan jangan sampai salah pasang atau install antivirus juga, karena banyak antivirus yang ga beres loh, kalau salah pilih nantinya yang ada bukannya laptop bebas dari virus malahan laptopmu jadi ladang virus. Rekomendasi antivirus yang sebaiknya digunakan itu seperti avast, avira, dan eset, berdasarkan beberapa sumber antivirus ini sangat efektif loh.


2. Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan
via jugaduindian.com
Terlalu banyak menjalankan aplikasi juga dapat menjadi penyebab leletnya laptop, oleh karena itu cobalah untuk memaksimalkan ram laptop anda dengan cara menghentikan proses aplikasi yang berjalan dengan menggunakan Task Manager, ctrl + alt + del. 


3. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Terinstall
via maketecheasier.com
Dari aplikasi yang sangat berguna dan sering digunakan sampai aplikasi yang tidak berguna dan bahkan tidak pernah anda gunakan terinstall dialptop anda. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall dilaptop anda akan membuat kinerja laptop anda menjadi lelet loh, apalagi jika hardisk hampir bahkan smapai penuh. Duh mulai sekarang coba deh install aplikasi yang memang dibutuhkan saja, jangan semua aplikasi diinstall padahal gangerti makenya dan gadipake aduh sayang bangat tuh kuota buat downloadnya hehe.


4. Cookies dan Temporary Files
via en.wikipedia.org

Ya sebenarnya ini sih tidak begitu menjadio faktor besar ya, namun ada rekomendasi aplikasi seperti Ccleaner untuk membersihkan file yang tidak berguna seperti cookies maupun temporary files nih. Ini aplikasi berguna silahkan diinstall dan datanya pun kecil jadi tidak banyak makan hardisk dan ram.


5. Kurang Maksimalnya Processor Yang Digunakan
via en.wikipedia.org
Coba atasi dengan cara membuka msconfig di run, caranya : 

  • Buka run dan ketikan msconfig dan klik ok
  • Buka Tab Boot dan pilih Advance Option
  • Beri tanda ceklis pada Number of Processor, pilih menu dropdown dan pilihlah jumlah processor yang paling tinggi angkanya. Pokoknya Pilih yang paling tinggi angkanya, misal 2 atau 4 tergantung spek processor
  • Sekarang Klik Ok dan Restart Windows deh
Coba pahami kira-kira masalah apa yang menyebabkan laptop anda menjadi lag atau lelet, setelah itu cari solusinya. Mungkin ada faktor penyebab laiin yang tidak disebutkan diatas dan ada cara lain untuk mengatasinya.