-->

Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Tetap Sehat dan Tidak Bocor

Entah mengapa seiring dengan perkembangan zaman smartphone menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Mungkin sekarang ini hampir setiap orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pastinya memiliki gadget/smartphone. Kegunaan smartphone pun berbeda beda tergantung usia pemakainya mungkin, hmm sebagian besar anak-anak yang memiliki smartphone pasti lebih sering menggunakan gadget mereka untuk bermain game sedangkan orang dewasa lebih banyak menggunakannya untuk kebutuhan bisnis, komunikasi dan membaca berita/artikel serta hanya mencari hiburan dengan membuka social media seperti instagram, dan lain sebagainya, bahkan tidak jarang pula orang dewasa yang menggunakan gadgetnya untuk bermain game jika memang sedang bosan-bosannya dengan waktu luang mereka.
Dan yang pastinya diketahui oleh para konsumen smartphone bahwa smartphone yang mereka miliki tidak bertahan lama dalam hal baterai. Yapp benar yang namanya baterai pasti ada waktunya untuk habis, untuk urusan cepat atau lambat habisnya daya sebuah baterai pada smartphone itu pastinya tergantung pada kapasitas /daya baterai (mAh) dan bagaimana penggunaan dari smartphone tersebut.

Nah yang namanya handphone/smartphone ini pastinya memiliki elemen terpenting didalamnya, apa itu? jawabannya adalah baterai, tanpa baterai sebuah smartphone tidak akan bisa hidup. Oleh karena itulah elemen penting yang satu ini (baterai) harus ktia jaga dan rawat dengan baik agar tetap terjaga kesehatannya alias tidak rusak. Hm masalah umum yang sering terjadi pada baterai sendiri kebanyakan adalah masalah baterai bocor dan baterai kembung, anda tidak mau bukan jika baterai smartphone anda menderita penyakit tersebut? Jika iya maka anda harus merawatnya dengan baik, berikut ini cara-terkini memberikan beberapa tips untuk merawat baterai smartphone.


1. Isi daya sampai benar-benar penuh
via detikgadget.com
Sebelum daya baterai 100% penuh jangan pernah mencabut chargernya ya, lebih baik bersabar menunggu daya benar-benar terisi penuh barulah anda gunakan smartphone tersebut.


2. Jangan Gunakan Hp Ketika Sedang di Cas
Jangan seperti orang yang kecanduan dan gila smartphone, ada saatnya smartphone anda mendapatkan waktu istirahatnya untuk dicas dan begitupun dengan diri anda sendiri terkhususnya mata anda.


3. Perhatikan Waktu Pengecasan
Jangan pernah membiarkan daya baterai hp anda yang telah penuh 100% namun masih tetap dicas bahkan hingga berjam-jam entah karena anda ketiduran atau alasan lain, ini akan menyebabkan baterai menjadi drop jadi hati-hati ya.


4. Matikan Hp Ketika Sedang di Cas
Smartphone sebaiknya dimatikan saja ketika baterai sedang dicas, guna menghindari kemungkinan disisi negatif tips kedua yaitu agar tidak digunakan ketika sedang di cas.


5. Hindari Penempatan Baterai Pada Tempat Panas
Karena ketahanan baterai akan menghilang jika terus terusan anda menaruhnya di tempat panas meskipun dampak itu akan terjadi dalam jangka waktu yang lama namun tidak ada salahnya mengurangi kemungkinan dampak negatif ini terjadi.


6. Perhatikan Penggunaan Smartphone
Perhatikan pula diri anda dalam menggunakan smartphone, jangan menggunakannya terlalu berklebihan karena tidak baik untuk smartphone anda dan diri anda pula tentunya. Jangan jadikan diri anda yang disetir oleh smartphone tapi andalah yang harusnya menyetirnya.