-->

Cek Solusi Mengirim File Via E-mail dengan Ukuran Besar

E-mail merupakan sarana sebagai pengiriman file ketika kedua belah pihak tidak bisa bertemu. Sayangnya, untuk ukurannya sendiri hanya dibatasi sebesar 25 MB. Kalau sekadar dalam bentuk Word, maka hal tersebut tidak masalah, tapi bagaimana dengan PDF, gambar, video, atau file yang lainnya?

Cek Solusi Mengirim File Via E-mail dengan Ukuran Besar


E-book yang mana berformat PDF terkadang ada yang mempunyai ukuran mencapai 500 MB. Hal tersebut tentu saja menghambat Anda untuk mengirimnya lewat E-mail. Tenang, solusinya mudah saja. Silakan mengunduh aplikasi NITRO PDF pada PC. Kemudian install, tutup aplikasi, dan salin crack pada C: Program files\Nitrp PDF\Professional 7. Lalu, cara mengecilkan ukuran file-nya, yaitu: buka NITRO PDF, open, arahkan file yang akan diperkecil, print, pilih nama printer Nitrp PDF creator, ok, dan terakhir save.

Untuk memperkecil ukuran foto, sebenarnya Microsoft Word bisa melakukannya, tapi kualitas gambarnya akan berkurang. Jadi, gunakanlah web aplikasi bernama Compressor.io. Rata-rata ukuran foto dengan kamera atau smartphone sebesar 10 MB dan dengan menggunakan aplikasi online ini, ukurannya bisa diminimalkan sampai 90%. Cara melakukannya adalah pertama-tama buka browser, ketik keyword aplikasi tersebut pada address bar, klik pada link TRY IT!, kemudian pilih jenis pengurangan mana yang Anda inginkan. Jika Anda memilih Lossy, maka kemungkinan mendapat ukuran gambar jauh lebih ringan, tapi kosekuensi kehilangan sedikit kualitasnya. Sementara jika memilih Lossless, maka optimasinya lebih rendah dan kualitasnya tetap terjadi. Sayangnya, hanya berlaku pada file berjenis JPG dan PNG saja. Proses selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah select file atau drag foto pada kotak choose your compression. Setelah diunggah ke server aplikasi selama beberapa saat, bisa Anda unduh langsung atau pun menyimpannya secara online seperti Google Drive atau Dropbox.

Bagi Anda pecinta musik, tampaknya dibayang-bayangi ukurannya yang cukup besar, sehingga item yang bisa ditampung hard drive pada perangkat mobile tidaklah sebanyak yang diinginkan. Tenang saja, sebenarnya pada PC terdapat portable tool, jadi Anda tidak perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Langkah-langkahnya adalah unzip file yang telah diunduh, lalu klik dua kali pada file MP3QualityModifier.exe, drag file atau folder pada windows. Selanjutnya, kurangi ukuran menggunakan preset parameter, klik ellipsis, terakhir tetapkan lokasi baru file yang telah dikompresi. Sama halnya seperti foto, Anda juga bisa mengatur kualitasnya. Pilihlah opsi Variable reduction pada kolom jenis. Karenanya, rate-nya dalam kbps akan meningkat.

Anda ingin mengirim video penting via E-mail dan ukurannya misalkan 1 GB? Mengunduh aplikasi HandBrake adalah solusinya, karena bisa dikompres sampai setengah ukurannya bahkan lebih. Caranya mudah, setelah mengunduh aplikasi tersebut, masukkan video yang akan dikompres, lalu ubah formatnya menjadi Mp4, dan terakhir klik start. Jika ukurannya tidak terlalu besar, hanya membutuhkan waktu 20 detik saja untuk mengurangi ukurannya.