-->

Mengenal Jenis Virus yang Terdapat di Komputer

Virus adalah sebuah benda yang menurut saya sangat menjengkelkan dan sangat berbahaya bagi komputer yang dirayapinya. Sebuah virus komputer adalah program jahat yang sengaja dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk berbagai tujuan yang sering digunakan sebagai alasan, lebih bahayanya adalah virus komputer bisa saja membajak akun bank rekeking online kita, maka dari itu kita harus berhati-hati dalam berjelajah di internet tanpa menggunakan antivirus.
Mengenal Jenis Virus yang Terdapat di Komputer

Virus yang terkandung dalam komputer memiliki kemampuan untuk membagi diri menjadi dua kali lipat jumlahnya, dengan cara ini virus dapat terus menyebar ke seluruh bagian komputer. Ada virus yang menyebabkan hanya gangguan kecil, tapi banyak virus yang dapat menyebabkan kerusakan fatal pada komputer.

Jenis-Jenis Virus yang Terdapat di Komputer

Compiler Virus 
Adalah virus yang telah disusun sehingga dapat dieksekusi langsung. Ini adalah virus yang pertama kali muncul di dunia komputer, dan mengalami perkembangan pesat sekarang. Yang pertama Virus ini sangat sulit untuk dibasmi karena dibuat dengan bahasa assembler. Memang, bahasa ini cocok untuk membuat virus tetapi sulit untuk digunakan. Keuntungan dari virus ini adalah mampu melakukan hampir semua manipulasi di mana ia tidak selalu dapat dilakukan oleh virus jenis lain karena lebih terbatas.

Virus File
Adalah virus yang dapat memanfaatkan file yang dapat diijalankan. Biasanya file .EXE atau .COM. Tetapi juga dapat menginfeksi file * .SYS, * .DRV, * BIN, * dan * .OVY .OVL. Jenis virus ini dapat berpindah dari satu media untuk semua jenis media penyimpanan memori ram atau hardisk dan menyebar dalam sebuah jaringan.

Virus System
Atau lebih dikenal sebagai virus Boot. Cara kerja virus ini adalah dengan menggunakan file yang digunakan untuk membuat sebuah sistem komputer. Sering ditemukan pada floppy disk / penyimpanan tanpa pengetahuan kita. jika akan melakukan restart komputer, maka virus akan menginfeksi Master Boot Sector dan Sektor Boot Sistem jika floppy disk yang terinfeksi di daerah drive / penyimpanan floppy.

Virus Dropper
Adalah suatu program yang dimodifikasi untuk menginstal sebuah virus komputer yang menjadi target serangan. setelah diinstal, virus akan menyebar tetapi Dropper tidak ikut menyebar. Penetes bisa menjadi nama file seperti README.EXE atau melalui Command.com yang menjadi aktif ketika program berjalan.

Jadi, untuk mengatasi itu semua mari lengkapi pengamanan komputer kita dengan menginstall program/software antivirus yang banyak tersebar di internet agar komputer maupun laptop kita selalu aman dari jangkauan virus komputer yang sangat berbahaya itu.