Monday, January 23, 2017

6 Tips Jitu Agar Kuliah Sambil Kerja Berjalan Dengan Lancar

Saat ini banyak mahasiswa yang menyambi kuliah dengan bekerja.Mungkin anda adalah salah satunya. Tidak jarang berbagai keluhan muncul karena aktivitas ini.  Apalagi kalau tidak sulitnya mengatur waktu antara padatnya jadwal kuliah dengan tuntutan pekerjaan. Akan tetapi ada lho cara paling mudah supaya urusan kerja dan kuliah berjalan lancar.

6 Tips Jitu Agar Kuliah Sambil Kerja Berjalan Dengan Lancar

Berbagai alasan yang mendorong mahasiswa untuk melakukan kerja sampingan. Alasan utamanya adalah kebutuhan finansial dan tujuan hidup sehingga anda harus bertahan dalam menjalaninya. Sebenarnya semua itu mampu berjalan dengan lancar asalkan anda pandai mengatur waktu dan disiplin menjalankannya. Mau tahu apa saja caranya?  Baca Tips Kuliah Sambil Bekerja Agar KeduanyaDapat Berjalan Dengan Lancar.

1. Membuat Jadwal

Masalah terbesar yang dialami mahasiswa sambil bekerja adalah Cara mengatur waktu yang baik. Hal ini menuntut anda supaya membuat jadwal untuk mengatur waktu antara kuliah dan bekerja agar keduanya bisa berjalan dengan beriringan dan  seimbang.

Cukup memulainya dengan langkah pertama yang sederhana,  Yakni membuat jadwal pekerjaan dan kuliah yang sekiranya tak berbenturan antara satu dengn yang lainnya. Jangan lupa untuk disiplin mengerjakan pekerjaan anda di kantor dengan tepat waktu. Sisihkan juga waktu lebih untuk mengerjakan tugas kampus.  Jika memungkinkan pakailah waktu istirahat untuk menyelesaikan pekerjan atau tugas-tugas anda.

2. Bersikap Realistis

Saat anda memilih untuk menjalankan dua profesi sekaligus maka anda harus sadar jika anda akan mengorbankan salah satunya dan tidak mungkin keduanya bisa berjalan dengan maksimal.Terutama adalah tugas kuliah, seringkali anda lupa waktu ketika anda di sibukkan dengan berbagai tugas pekerjaan sehingga tugas kuliah anda lalaikan. Anda harus bisa bersikap realistis dan terus berpikir positif. jangan pernah menyalahkan keputusan anda.

Meskipun anda tidak selalu mendapat nilai bagus saat kuliah, maka anda harus menerima dengan lapang dada. Sebab itulah konsekuensi yang harus anda terima, tetaplah memandang pada tujuan anda yakni mencapai kesuksesan.

Memilih profesi sebagai mahasiswa dan pekerja pastinya memiliki berbagai konsekuensi,  hadapi semua konsekuensi tersbut karena itu adalah pilihan anda. Terus motivasi diri anda!

3. Jika Memungkinkan Carilah Pekerjaan Yang Fleksibel

Poin ke-3 ini bukanlah keharusan,  namun anda akan benar-benar diuntungkan dalam manajemen waktu.  Memilih kerja secara remote anda pun dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang anda miliki.

Yang terpenting adalah pekerjaan itu mampu memberikan anda penghasilan yang memuaskan,  andapun bisa memiliki waktu lebih tidak hanya sekedar bekerja dan kuliah saja.

4. Menerapkan skala prioritas

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah menerapkan skala prioritas. Manakah yang anda kedepankan, apakah kuliah atau pekerjaan terlebih dahulu? Semua mempunyai kondisi berbeda sehingga prioritasnya pun juga berbeda.

Akan tetapi bagi anda yang bekerja menggunakan jam karyawan tentunya anda akan memprioritaskan pekerjaan lebih dulu,  sehingga anda kuliah sesudah jam pulang kerja ataupn hari Sabtu dan Minggu.

Sementara itu anda yang kuliah di universitas negeri atau kuliah dengan jam regular,  maka jadwal pekerjaan harus menyesuaikan dengan jadwal kuliah,  supaya keduanya dapat berjalan secara maksimal dan lancar.

5. Menyiapkan Diri Untuk Menghadapi Stres

Ketika anda mengambil keputusan untuk kuliah sambil bekerja maka anda akan dekat dengan stress. Sebaiknya anda sudah mempersiapkan diri akan hal tersebut, yakinlah bahwa anda mampu menjalani ini semua. Cara paling amph untuk mengatasi stress adalah keinginan yang kuat,  Ingatlah jika keputusan berada ditangan anda.

6. Pastikan pihak kantor mengetahui jika anda kuliah

Poin yang terakhir ini merupakan poin yang sangat penting yang harus anda perhatikan. Jadikanlah semua berjalan dengan transparan. Mengapa hal ini harus dilakukan?  Sebab jika ada urusan kampus yang penting seperti UAS, UTS atau sidang skripsi meskipun anda akan memperoleh dispensasi dari kantor.


Tak perlu mengurangi gaji dan bolos. Karena sdah sejak awal anda mempunyai beberapa kesepakatan lebih dahulu. 

Terimakasih Telah Berkunjung
Judul: 6 Tips Jitu Agar Kuliah Sambil Kerja Berjalan Dengan Lancar
Ditulis oleh Arif Hidayat
Rating Blog 5 dari 5
Semoga saja artikel ini bermanfaat bagi Sahabat Cara Terkini semuanya . Jika kalian ingin mengutip, baik itu sebagian dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://cara-terkini.blogspot.com/2017/01/6-tips-jitu-agar-kuliah-sambil-kerja.html. Terima kasih sudah datang untuk membaca artikel ini. Jangan lupa share artikel ini, jika anda perlu kontak saya silahkan hubungi saya di FACEBOOK

Related Posts

6 Tips Jitu Agar Kuliah Sambil Kerja Berjalan Dengan Lancar
4/ 5
Oleh

*Budayakan berkomentar setelah membaca, karena saya butuh keritik dan masukan yang membangun untuk membuat blog ini lebih baik lagi.
*Berkomentarlah yang baik, jangan membuat komentar spam karena blog ini sudah dofollow.
*Mohon maaf jika ada pertanyaan yang tidak bisa saya jawab, karena saya juga masih belajar.
*Terimakasih banyak atas kunjungan dan perhatiannya. Salam sukses