-->

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan – pada saat anak berusia 6 bulan maka sudah saatnya menjadi kewajiban kita selaku orang tua untuk mulai meperkenalkan makanan kepada anak. Mulai dari bubur dan juga aneka variasi nasi tim dapat anda siapkan untuk si buah hati. Biasanya pada awal-awal anak masih suka lahap dalam memakan makanannya. Tapi ketika usianya semakin bertambah mereka malahan mulai kehilangan nafsu makan. Lalu bagaimanakah langka mengatasi anak  yang susah makan?. Tentunya ada banyak sekali cara yang dapat kita tempuh.

Anak Susah Makan


Pada saat anak berusia dibawah 5 tahun anak itu biasanya sibuk dengan rasa ingin tahu tentang lingkungan yang ada di sekitarnya. Sehingga mereka akan banyak sekali beraktifitas dan akan lebih tertarik kepada hal-hal baru ketimbang makan. Oleh karena itu untuk mensiasati anak yang mulai susah makan anda harus melakukanya dengan cerdik.

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan


1. Cari Tahu Apa Penyebabnya

Sebagai orang tua anda harus jeli dan juga cermat dalam mengamati kecenderungan terhadap buah hati. Pada saat anak sudah mulai susah makan maka seharusnya anda dapat mengetahui kira-kira apa yang menjadi penyebab si kecil  menjadi susah makan. Apakah penyebabnya? apa si kecil sedang sakit? apa ada kesalahan terhadap pola makan pada sikecil? Atau ada masalah psikis pada buah hati anda.

2. Sajikan Makanan Variasi Baru

Pada saat si kecil tidak mempunyai selara makan maka anda dapat mencoba dengan varian yang baru. Kecenderungan pada anak biasanya akan menyukai terhadap sesuatu yang baru dan juga belum pernah dirasakannya. Sebaiknya anda menyajikan menu baru tersebut dalam bertahap sedikit-demi sedikit, jangan pernah anda mencoba langsung sekaligus.

3. Buat Sajian Makanan Si kecil Yang Menarik
juga dapat anda membuat anak malas makan. anda dapat mengakali dengan mencoba menyajikan makanan untuk buah hati anda supaya lebih menarik. misalnya saja dengan anda mencetak makanan seperti nasi putih dengan cetakan yang berbentuk seperti karakter kartun yang disuka seperti Hello Kitty, Anggry Birds,  dan lain-lain.
4.  Jadikan Saat Makan merupakan Saat Yang Menyenangkan dan Nyaman

Cara mengatasi anak yang susah makan supaya anak senang dan anak menanti-nantikan saat makan merupakan menyetung suasana yang menyenangkan. Untuk nda yang memiliki waktu luang ada baiknya agar anda memberi makan sambil jalan-jalan. Dapat juga sambil menceritakan sebuah cerita atau dongeng.
5. Libatkan Anak-Anak dalam proses Mempersiapkan Menu Makannya


Anak akan menjadi semakin tertarik dengan makanannya pada saat mereka dilibatkan dalam proses menyiapkan makanan. Dalam psikologis hal ini akan menjadikan anak merasa memiliki dan juga akan semakin nyaman dengan makanan yang telah mereka siapkan.