-->

Tips Memperpanjang Umur Baterai Smartphone Terbaru

Tips Memperpanjang Umur Baterai Smartphone Terbaru - Penggunaan baterai pada smartphone merupakan hal yang vital bagi lancarnya berbagai macam penggunaan fitur didalamnya. Namun terkadang baterai smartphone kita cepat habis atau mengalami kebocoran, hal tersebut tentunya sangat menjengkelkan. Hal tersebut mempunyai beberapa sebab yang mengakibatkan cepat rusaknya baterai smartphone termasuk umur baterai yang sudah lama digunakan.

Tips Memperpanjang Umur Baterai Smartphone Terbaru

Perlu diketahui bahwa smartphone yang ada di pasaran hampir semua menggunakan baterai lithium-ion yang memang dipastikan akan rusak jika sudah mencapai masanya dan sangat memiliki kapasitas yag terbatas. Jumlah kapasitas baterai dengan penggunaannya di smartphone berbeda-beda tergantung perangkat yang digunakan. Perlu diketahui mengenai “siklus pengisian” dimana saat baterai mengisi daya sampai dengan 100 % sampai kehabisan daya hingga 0 %, hal tersebut merupakan siklus normal pengisian daya. Jika anda mengisi sampai 50 % dan habis sampai 0 % maka hal tersebut merupakan setengah siklus pengisian. Hal tersebut membuat kerusakan tidak bisa dihindari, melainkan hanya dengan tindakan preventif yang dapat memperpanjang umur baterai smartphone anda.

1.    Perhatikan Temperatur
Yang perlu anda perhatikan jika ingin baterai smartphone android anda tahan lama, yaitu perhatikan temperatur smartphone anda. Kapasitas baterai akan cepat habis jika berada di suhu lebih dari 35 derajat dan dibawah 0 derajat. Pastikan anda tidak terlalu banyak mengaktifkan aplikasi-aplikasi di smartphone anda dan jangan letakkan smartphone di paparan sinar matahari secara langsung ataupun di tempat-tempat dengan cuaca ekstrim, karena akan menyebabkan kerusakan fatal pada smartphone anda.

2.    Full Charging or Partial Charging?
Selama ini kita menyangka pengisian baterai yang paling efektif yaitu sebanyak 100 %. Namun ternyata mengisi baterai secara parsial atau tidak penuh merupakan cara yang jauh lebih baik agar baterai smartphone tidak cepat rusak. Baterai lithium-ion mempuyai siklus pengisian yang berbeda-beda. Solusi terbaik yaitu charge baterai anda saat berada di 40 % dan hentikan di tahap 80 %.

3.    Jangan Mengisi Daya Baterai Sepanjang Waktu
Salah satu cara yang sangat fatal dalam penggunaan baterai smartphone yaitu dengan mengisinya sepanjang waktu agar terus 100 %. Cara seperti ini sangat berbahaya karena logam lithium melepuh dan ada sebagaian kasus meledaknya smartphone akibat penggunaan cara ini. Anda bisa menggunakan cara pengisian secara parsial untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Isilah mulai dari 40 % sampai 80 %.