-->

Inilah Penyebab Penyakit Ginjal

Kesehatan ginjal merupakan jaminan hidup berkualitas bagi seseorang. Betapa tidak, jika penyakit ginjal sudah menyerang maka yang terjadi selain rasa sakit yang mendera, pengidap juga akan dihadapkan pada perawatan yang tidak sederhana. Selain itu biasanya budget atau ongkos untuk mengobati penyakit ginjal sangatlah besar. Untuk pengidap kronis biasanya harus melakukan ganti ginjal sehingga harus melakukan cuci ginjal.


Inilah Penyebab Penyakit Ginjal

Tindakan preventif diperlukan agar penyakit ginjal tidak datang pada kita, baik itu berupa pola hidup sehat, pola istirahat dan olahraga yang teratur. Cara Terkini akan memberikan beberapa penyebab penyakit ginjal, antara lain:
  •     Reaksi Obat
Salahsatu penyebab penyakit ginjal yaitu reaksi terhadap golongan obat tertentu. Obat antiinflamasi non steroid yang dalam dunia medis disebut juga dengan istilah non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAID), analgesik, diuretik (peluruh kencing), dan antibiotik.

Beberapa contoh obat yaitu: asam tiaprofenat, meloksikam, sulinda, aspirin, naproksen, asam mefenamat, celecoxib, diclofenac, ibuprofen, indomethacin, ketoprofen, ketorolac, parekoksib, piroksikam, atau sulfide. Penggunaan obat secara berlebihan, juga bisa menimbulkan penyakit ginjal.
  •     Radiasi
Penyebab ginjal selanjutnya adalah radiasi, yaitu kelebihan intake (asupan) timah atau cadmium, radiasi, penyakit sarcoidosis, dan Balkan nephropathy (suatu penyakit endemis bersifat menahun, disebut juga endemic chronic interstitial disease)
  •     Peradangan atau Inflamasi
Infeksi yang terjadi dalam ginjalpun bisa mengakibatkan penyakit ginjal. Peradangan atau inflamasi berjalan secara sistemik. Penyebab penyakit ginjal lainnya, seperti: acute interstitial nephritis.
  •     Asam Urat
Asam urat juga bisa menyebabkan penyakit ginjal,  kelebihan ekskresi urat dan kristal urat dapat mencetuskan gangguan di ginjal di bagian tubules yang menyebabkan obstruksi atau sumbatan tubular dan memicu inflamasi atau peradangan.

Beberapa penyebab lainnya seperti merokok, diabetes melitus (kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), arteritis juga dapat mengakibatkan penyakit ginjal yang serius. Pola makan yangs sehat, pola hidup, pola istirahat dan juga rajin-rajin berolahraga merupakan tindakan preventif paling tepat untuk menjaga agar penyakit ginjal tidak menyerang kita.

Mungkin itulah sedikit pembahasan saya mengenai Penyebab Penyakit Ginjal semoga saja postingan ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda semuanya. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. Salam Sukses !!!