-->

Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Sahur

Makan sahur adalah aktifitas yang tidak boleh dilewatkan dikala berpuasa pada bulan Ramadhan. Karena makanan yang kita konsumsi dikala sahur akan kita jadikan untuk bekal energi untuk beraktifitas seharian. Mengawali puasa pada bulan Ramadhan dengan makan sahur akan menjadikan tubuh kita mendapat asupan energi untuk berpuasa.
Ngantuk



Banyak orang yang tetap merasa ngantuk saat bangun sahur. Karena aktifitas makan sahur dilakukan pada pagi buta, tidak sedikit orang yang merasa malas untuk bangun. Kalaupun bangun berbagai orang memilih untuk tidur seusai makan sahur. Padahal tidur seusai makan sahur dapat berbahaya untuk kesehatan serta mengganggu puasa yang sedang dijalani. Perut yang tetap sangat penuh seusai santap sahur apabila langsung kita bawa tidur akan menyebabkan berbagai gangguan perut.

Cara  Agara Tidak Ngantuk Saat Bangun Sahur
1.       Tidur Lebih Awal Dari Biasanya
Anda butuh mengatur jadwal tidur selagi bulan puasa. Tidurlah lebih awal pada malam hari supaya ketika bangun sahur tak ngantuk serta malas. Dengan tidur lebih cepat, jadi tubuh akan lebih segar ketika bangun sahur jadi rasa malas dapat disingkirkan. Jika memungkinkan, Anda juga butuh tidur siang pada ketika bulan puasa meskipun hanya sebentar. Jangan hingga Anda melewatkan makan sahur hanya sebab malas untuk bangun.

2.       Menggunakan Pakaian Yang Hangat
Karena pada saat kita sedang makan sahur di pagi hari yang gelap serta matahari masih belum terbit, biasanya suasananya begitu mencekam dan begitu dingin. Jika tubuh kita tidak kuat menahan hawa yang dingin, akhirnya tidak sedikit orang yang bermalas-malasan jadi ingin kembali ke daerah tidur. Ditambah lagi dengan perasaan ngantuk yang mendera, bisa-bisa membikin agenda sahur terus malas. Untuk mengatasinya, gunakanlah pakaian hangat dikala makan sahur. Jika tubuh merasa lebih hangat, jadi agenda sahur juga dapat lebih menyenangkan.

3.       Cuci muka anda terlebih dahulu sebelum sahur
Mungkin ini faktor sepele, tapi bagi orang yang malas dapat saja pribadi makan tanpa cuci muka. Padahal mencuci muka ketika sahur dapat menjadi cara yang efektif supaya tak ngantuk ketika makan sahur. Mencuci muka sebelum beraktifitas akan membikin mata dapat melek serta lebih segar. Selain itu, air yang membilas muka juga dapat menunjukkan energi positif supaya kita terhindar dari rasa ngantuk.

4.       Melakukan aktivitas setelah sahur

Banyak kegiatan berguna yang dapat dilakukan seusai santap sahur. Misalnya saja, membersihkan meja makan, merapikan alat makan yang sudah dipakai serta mencucinya, alias bahkan menyapu rumah serta membereskan dapur. Anda juga dapat mengisi kegiatan seusai sahur dengan mengaji sambil menantikan datang waktu Shubuh.