-->

Cara Membuat Template serta Form di Microsoft Word

Anda tidak jarang berulang-ulang membikin sebuah surat dengan layout serta isi yang sama ? atau, Anda ingin mempunyai formulir dalam format digital yang mampu diisi eksklusif di layar komputer serta mampu diarsip filenya tanpa wajib mencetak? Semua mampu Anda buat dengan cara praktis serta eksklusif memakai acara software Microsoft Word. Cukup dengan satu file, semua mampu terpenuhi. 


Apa itu Template & Form ?
Dalam acara software perkantoran, Anda mampu bekerja dengan cara cepat serta praktis. Salah satunya merupakan dengan memanfaatkan Template serta Form.

Template merupakan file master untuk membikin sebuah dokumen baru. Dengan memakai template, Anda mampu membikin dokumen berulang-ulang berdasarkan tata-letak serta isi yang telah disiapkan sebelumnya. Selain memanfaatkan berbagai template siap pakai yang telah disediakan Microsoft Word, Anda juga mampu membikin template sendiri sesuai kebutuhan.

Adapun Form merupakan template formulir isian dalam bentuk file. Melalui form, Anda dengan cara mudah mampu membagikan file untuk diisi eksklusif serta dikirim kembali oleh sang penerima dokumen, tanpa wajib mencetaknya.

Contoh fungsi template, apabila Anda tidak jarang membikin surat kontrak perjanjian, pada dasarnya layout serta isi perjanjian merupakan sama. Dengan memakai template, jadi Anda hanya butuh merubah nomor perjanjian, tanggal, serta bukti diri pihak kedua yang ada di dokumen baru. Untuk kebutuhan arsip, setiap dokumen yang tercipta mampu Anda beri nama file sesuai dengan nomor perjanjian.

Bagaimana dengan fungsi form ? penggunaan form akan mempercepat distribusi formulir isian serta pengumpulan datanya dengan cara digital. Sebagai contoh, apabila Anda memperkenalkan lowongan pekerjaan, jadi Anda mampu menyiapkan form untuk didownload, diisi, serta dikirimkan kembali oleh para pelamar. Untuk pengarsipan, setiap formulir yang telah diisi mampu diberi nama file sesuai dengan nama sang pelamar.

Membuat Template Sendiri 
Pembuatan template sangat mudah. Anda hanya butuh membikin dokumen master, lalu menyimpannya sebagai file template. Sebagai contoh, berikut langkah membikin template yang nantinya akan kita gunakan sebagai master bagi pembuatan formulir digital.
Buat dokumen baru di Microsoft Word 2007. Klik New > Blank document. 
Mulai susun komponen serta isi dokumen Anda, sebagai contoh disusun dokumen berisi item daftar isian.
Berikan header alias footer, misal berupa bukti diri perusahaan serta mottonya. 
Untuk mempercantik tampilan, Anda mampu memakai tabel semacam pada contoh. Selain itu, Anda format ukuran serta warna teks supaya tidak hanya lebih bagus juga mampu bertujuan membedakan item-item info di dokumen. 
Tambahkan teks alias komponen lain (misal foto logo perusahaan), sesuai kebutuhan dokumen Anda. 
Simpan file master dokumen template Anda. Klik Save As > Word Template. Berikan nama, umpama BIODATA.dotx alias BIODATA.dot. Pada contoh dipakai ekstensi .dotx.