-->

Petunjuk Dan Cara Menginstal Komputer Sendiri


Sejauh ini komputer telah dipakai dengan cara meluas oleh beberapa kalangan masyarakat. Hal yang tak jarang menjadi pertanyaan awal merupakan bagaimana tutorial menginstal komputer. Berikut merupakan langkah-langkah yang mampu dijadikan pedoman umum untuk menginstalasi acara komputer, baik itu untuk install pc maupun install laptop.
  1. Cek kelengkapan hardware. Apakah komponen komputer alias laptop Anda telah terakit dengan benar, lengkap, dan memenuhi persyaratan minimal untuk menginstal sistem operasi tertentu. Lebih baik lagi apabila perangkat keras pendukung semacam kartu jaringan, printer, scanner, dan sebagainya telah terpasang di komputer sebelum mengawali instalasi. Tujuannya supaya nantinya sistem operasi mampu otomatis mendeteksi dengan cara dini perangkat-perangkat komputer yang Anda miliki.
  2. Instal baru (fresh install) alias instal ulang (reinstall)? Pastikan apakah instalasi akan Anda perbuat pada komputer baru yang belum mempunyai sistem operasi dan acara komputer, alias dilakukan pada komputer yang sebelumnya telah mempunyai sistem operasi plus acara software dan data-datanya. Proses instal menjadi lebih mudah dan cepat apabila dilakukan pada komputer baru. Jika yang akan Anda perbuat merupakan instal ulang (karena sistem operasi sebelumnya telah bermasalah alias ingin berganti sistem operasi lain), jadi pastikan data-data file dokumen, gambar, foto, film, dan sebagainya yang telah Anda miliki telah Anda backup dalam keping CD, flash disk, alias minimal berada di lokasi yang tak sama dengan partisi harddisk untuk instalasi nantinya.
  3. Tentukan sistem operasi yang akan Anda instal ke komputer. Apakah Anda akan menginstal OS Windows XP (Windows terpopuler), Windows 7 (Windows terbaru), alias menginstal Ubuntu Linux (sistem operasi gratis/opensource). Jika ingin menginstal Windows, pastikan Anda telah menyiapkan CD original dari Windows yang Anda beli, tergolong mencatat nomor seri yang wajib diisikan ketika proses install komputer berjalan. Anda mampu mempertimbangkan memakai sistem operasi Ubuntu sebab bersifat gratis dan lengkap dengan acara software pendukungnya. Jika komputer Anda tak mempunyai drive CD/DVD (misalnya netbook biasanya tak mempunyai piranti ini), jadi pertimbangkan apakah Anda butuh membeli/meminjam drive CD/DVD eksternal alias memakai flashdisk sebagai sumber instalasinya. Adapun tutorial mempersiapkan file installer sistem operasi di keping flashdisk mungkin akan dibahas di posting tersendiri. 
  4. Persiapkan cd driver. Nantinya, seusai sistem operasi terinstal ke komputer, kemungkinan tampilan layar komputer belum optimal, bunyi tak terdengar, printer belum mampu dipakai, dan sebagainya. Anda akan memerlukan CD alias disket driver untuk menginstal driver VGA dan sound card, driver printer, dan driver piranti tambahan lainnya. Jika Anda tak memilikinya, Anda mampu mendownloadnya di website internet produsen hardware terkait alias mencari alternatifnya dengan memakai mesin pencari.
  5. Sediakan software dan acara software komputer yang Anda perlukan. Misalnya, tidak hanya sistem operasi, Anda akan memperlukan acara office, software tampilan grafis, antivirus, software bantu untuk jalan masuk internet, game favorit, dan tool perawatan sistem komputer. Jika Anda memakai OS Ubuntu Linux, kemungkinan semua telah terdapat dan Anda mampu melewatkan tahapan ini.
  6. Tambahkan acara lain sesuai kebutuhan. Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin juga ingin mengenal tutorial menginstal font, memasang flash player, PDR reader, bahkan memerlukan instalasi tool pengembangan semacam XAMPP untuk mendesain website. Teknik-teknik instalasinya butuh Anda pahami dan Anda kuasai.
  7. Buang software yang tak diperlukan. Pastikan Anda mampu membuang instalasi (uninstall) program-program yang telah Anda install sebelumnya. Kemungkinan, beberapa software yang sempat Anda instal alias tanpa sengaja turut terinstal nyatanya tak Anda butuhkan alias bahkan tak sempat Anda pakai. Dengan membuang acara yang tak diperlukan, tidak hanya akan memperbesar ruang kosong harddisk juga akan mempercepat kinerja komputer Anda.