-->

Instalasi CMS serta Script Aplikasi Web via Fantastico


Di jaman yang serba instan, Anda juga dimungkinkan untuk mempunyai suatu situs alias blog dengan cara cepat. Hanya dengan 2 alias 3 kali klik saja, suatu situs mampu tercipta serta siap digunakan. Bagaimana mampu ? Ini berkah adanya script otomatisasi instalasi web di hosting. Salah satu script terkenal serta paling tak sedikit dipakai di internet merupakan Fantastico semacam yang sudah diulas pada posting sebelumnya.
  1. Sebagai contoh, berikut langkah menginstal software blog (blog engine) WordPress dari Fantastico. Sebagai catatan, apapun software web alias CMS yang akan Anda install via Fantastico, prosedurnya hampir serupa.
  2. Login ke cPanel situs Anda. Lokasinya di http://www.situsanda.com/cpanel.
  3. Setelah cPanel Anda tampil, scroll layar ke arah kelompok Software / Services. Klik ikon Fantastico De Luxe.
  4. Pilih software web yang ingin Anda install. Klik item software web untuk menyimak deskripsi masing-masing. Untuk menginstal WordPress, klik link WordPress.
  5. Baca deskripsi, khususnya di bagian kebutuhan space untuk instalasi serta ketersediaan space di hosting Anda. Jika space hosting Anda mencukupi, jadi Anda mampu mulai menginstal software web. Klik New Installation.
  6. Pada form instalasi, isikan username, password, serta email admin situs alias blog nantinya. Nilai Install on domain biasanya tak butuh diubah. Install in directory juga tak butuh diisi apabila ingin menginstal di alamat domain mutlak (domain.com). Jika diisi, jadi kelak alamatnya menjadi domain.com/nama (menjadi sub direktori).
  7. Anda mampu menambahkan nama lengkap admin, nama situs, serta deskripsi singkatnya. Nanti Anda juga mampu mengeditnya akhir-akhir dari halaman admin situs alias blog Anda. Klik Install WordPress.
  8. Hasilnya akan timbul ringkasan perbuatan yang akan dilakukan Fantastico. Anda tak butuh bimbang dengan info yang ditampilkan, intinya database akan dibangun serta web alias blog siap diinstal. Klik Finish installation.
  9. Instalasi pun diselesaikan. Konfirmasi semacam username serta password admin akan ditampilkan untuk Anda catat. Jika Anda takut kelupaan, isikan alamat email Anda untuk memperoleh salinan info yang akan terjadi instalasi Anda. Klik Send Email serta email pun dikirimkan.
  10. Sekarang Anda mampu mengecek situs alias blog yang sudah terinstal. Kini Anda mampu login sebagai admin serta mulai memposting goresan pena alias menata lebih lanjut desain situs alias blog Anda.

Pada masa mendatang, Anda juga mampu melakukan upgrade via Fantastico apabila ada versi baru bagi software web alias CMS yang sudah Anda instal. Dengan demikian, sistem Anda akan diperbarui serta up to date sesuai versi terbaru yang terdapat di Fantastico.

Demikian juga, apabila Anda ingin berganti software web alias CMS, jadi Anda mampu membuang instalasi serta konfigurasi yang sudah terinstal dengan tutorial mengklik link Remove pada deskripsi item software web alias CMS yang sudah Anda instal di daftar Fantastico.