-->

6 Tips Paling Ampuh Untuk Mengatasi HP Android Yang Lemot

Tidak hanya boros baterai saja,  namun smartphone android juga sering mengalami lemot atau lag.  Lemot pada smartphone ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti spesifikasi smartphone yang rendah,  usia smartphone yang sudah lama,  banyaknya aplikasi yang digunakan dan masih banyak lagi.

6 Tips Paling Ampuh Untuk Mengatasi HP Android Yang Lemot

Smartphone android yang lemot tentunya membuat anda kesal,  terlebih lagi jika ada pekerjaan yang saat itu juga harus dikerjakan lewat smartphone android. Saat hp android sobat sudah mulai lemot jangan terburu-buru untuk pergi ke konter. Alangkah baiknya jika sobat mengatasinya sendiri di rumah.  Berikut ini Tips Paling Ampuh Mengatasi HP Android Yang Lemot :

1. Periksa Jumlah Memori Yang Tersisa

Faktor utama yang menjadikan hp android menjadi sangat lambat adalah banyaknya aplikasi yang terpasang sehingga mempersempit ruang penyimpanan. Setidaknya sobat harus menyediakan 20% dari jumlah penyimpanan smartphone sobat,  hal ini dilakukan agar performa android bejalan dengan lancar.  Misalnya saja jumlah internal hp sobat 8GB,  maka sobat harus menyediakan memori minimal 1GB.

Jika memori pada smartphone android sobat sudah hampir penuh, sebaiknya sobat melakukan beberapa hal ini:

  • Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan
  • Hapus junk file dan bersihkan cache.  Caranya cukup dengan masuk di menu pengaturan lalu ke penyimpanan atau storage. Selanjutnya anda tekan Cached Files dan plih OK untuk membersihkannya. 
  • Sebaiknya anda tidak memakai aplikasi penghapus cache dan junk file.  Sebab aplikasi tersebut sebenarnya hanya memenuhi memori dan mengurangi performanya. 
  • Rapikan file berukuran besar, seperti foto, video,  dan musik.  Atau  anda bisa back-up file itu di notebook atau Dropbox. 

2. Hapus Aplikasi Yang Terlalu Banyak Memakan RAM 

Sebaiknya anda selalu memeriksa RAM setiap kali memasang sebuah aplikasi atau game. Coba cek seberapa besar aplikasi itu memakan RAM HP sobat. sebisa mungkin jangan memasang aplikasi atau game yang mengkonsumsi RAM besar, terutama bagi sobat yang memiliki hp android dengan spesifikasi rendah.

Bagi sobat yang hobi main game di smartphone android, sebaiknya memilih hp dengan RAM minimal 2GB. hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya lemot. cara lain untuk menjaga performaa smartphone agar tetap maksimal adalah pindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal.

Rekomendasi : Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Smartphone Android

3. Hindari Pemakaian Banyak Widget

Banyak sekali pengguna android yang memakai banyak widget untuk membuat tampilan ponselnya jauh lebih menarik, dengan memakai live wallpaper. Namun mereka tidak menyadari bahwa penggunaan live wallpaper ini akan memperlambat handpone dan menguras lebih banyak baterai. Maka dari itu, sebaiknya sobat menginstal widget yang penting-penting saja dan menghindari pemakaian live wallpaper.

4. Hindari Penggunaan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Tahukah sobat jika penggunaan aplikasi secara bersamaan bisa membuat HP Android sobat menjadi lambat? Hal ini dikarenakan processor bekerja lebih keras dari biasanya.  maka dari itu sebisa mungkin jauhi penggunaan aplikasi secara bersamaan, terutama bagi sobat yang memilik hp android dengan spesifikasi rendah.  Gunakanlah aplikasi sebijak mungkin agar performa hp sobat tetap terjaga.

Baca Juga : Fitur-Fitur Tersembunyi pada Aplikasi WhatsApp yang Wajib Kamu Ketahui

5. Me-restrat Hp Android

Mungkin banyak yang tidak menyadari apabila me-restat hp android itu sangat penting dilakukan.  Karena saat ponsel di restat maka performanya bisa kembali normal.Maka dari itu, saat hp android sobat mulai lemot cobalah untuk me-restratnya.

6. Update Firmware

Apakah sobat tahu, apa itu firmware? Firmware adalah sistem operasi yang terdapat di perangkat seluer.  Firmwre ini pastinya mempunyai update tersendiri. Sehingga saat hp android mulai lemot cobalah untuk mengupdate versi os yang dipakai smartphone ke versi berikutnya.  Dengan melakukan update firmware maka performa smartphone akan lebih baik dan mampu mengatasi masalah aplikasi tidak kompatibel.

Mungkin itulah artikel yang bisa Cara Terkini  bagikan kepada Anda semua mengenai 6 Tips Paling Ampuh Untuk Mengatasi HP Android Yang Lemot  Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dalam penulisan mohon saran dan keritiknya dan bagi yang mau menambahkan silahkan isi di kolom komentar. Terimakasih Telah Berkunjung Semoga Artikel Saya ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda semua