-->

7 Tips Paling Ampuh Untuk Mengatasi Malas Belajar

Malas Belajar menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap pelajar, bagaimana tidak jika seorang pelajar sudah enggan untuk membaca buku maka hal itu akan berpengaruh pada pendidikannya.

Banyak sekali alasan yang mempengaruhi seseorang malas belajar. Seperti tidak suka dengan pengajarnya, tidak faham, lebih menyukai kegiatam ekstrakurikuler, dan beberapa faktor lainnya.

7 Tips Paling Ampuh Untuk Mengatasi Malas Belajar

Biar bagaimanapun, kamu harus ingat bahwa status kamu adalah pelajar dan tugas utamamu adalah belajar. Kali ini admin akan memberikan Beberapa cara terbaik untuk mengatasi malas belajar yang akan membuat semangatmu berkobar-kobar untuk menekuni buku.

1. Memotivasi Diri

Faktor utama mengapa seseorang malas belajar adaalah karena tak memiliki motivasi. Maka dari itu, kamu wajib memiliki target dan tujuan.

Jika perlu kamu harus memberi reward kepada dirimu sendiri saat kamu berhasil mendapatkan nilai tertentu. Dengan demikian, semangat belajar pasti akan tumbuh dalam diri kamu.

2. Membuat Jadwal Belajar

Cara mengatasi malas belajar selanjutnya adalah dengan membuat jadwal belajar.

Selain jadwal untuk belajar, cobalah membuat jadwal untuk kegiatan yang lain dan atur waktu sedemikian rupa agar menyempatkan belajar per harinya.

Anda bisa memulai membuat jadwal belajar dengan durasi yang tidak terlalu lama, buatlah durasi yang sekiranya tidak membebani anda.

Misalnya 1-2 jam agar anda tidak mudah bosan, saat anda sudah terbiasa anda bisa menambahi lagi durasinya.

3. Memilih Tempat Yang Cocok Untuk Belajar

Kondisi atau suasana mempengaruhi mood seseorang dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Begitu juga dengan belajar.

Kamu wajib mencari tahu tempat yang nyaman agar kamu dapat belajar dengan efektif.

4. Menemukan Suasana Yang Pas Untuk Belajar

Hal selanjutnya yang harus anda benahi adalah suasana saat belajar, anda harus menemukan cara agar suasana belajar itu bisa menyenangkan sehingga menjadikan anda giat belajar.

Misalnya saja anda bisa belajar di tempat yang sunyi tanpa ada kebisingan yang mengganggu, anda bisa mendengarkan musik saat istirahat belajar, maupun jika perlu anda belajar sambil menikmati cemilan.

Dengan demikian, anda akan merasa senang ketika belajar. Suasana belajar tidak lagi membosankan namun justru menyenangkan.

5. Membatasi Waktu Belajar

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas mengenai waktu belajar, jangan pernah anda memaksa diri untuk belajar hingga berjam-jam.

Hal ini hanya akan membuat anda bosan,jenuh, dan stress. Namun aturlah batas waktu anda dalam belajar misalnya dengan mengambil istiharahat sebentar selama belajar.

Tak hanya di sekolah saja anda harus istirahat, belajar di rumah pun juga sama. Hal ini dilakukan supaya konsentrasi anak kembali fresh.

6. Segera Lakukan

Jangan hanya membaca berbagai tips ini dan itu saja, namun segeralah bertindak. Hal yang harus anda lakukan untuk mengatasi malas belajar berikutnya adalah hindari menunda-nunda belajar.

Kebiasaan buruk ini pasti sering anda lakukan, yaitu menunda-nunda belajar. Padahal semakin lama anda menunda belajar maka rasa malas itu juga akan semakin susah dihilangkan.

7. Belajar Untuk Disiplin 

Sesudah melakukan berbagai macam cara agar semangat dalam belajar,tugas kamu sekarang adalah disiplin dan konsisten belajar.

Taati semua jadwal yang sudah kamu buat, jangan biarkan kamu menunda-nunda waktu belajar.

Saat anda mulai malas belajar cobalah mengingat-ingat kembali cita-cita anda di kemidian hari, rencana anda yang akan anda wujudkan di masa depan. Pokoknya terus motivasi diri untuk disiplin belajar.

Memang di awal-awal terasa sangat berat dilakukan, namun kelamaan juga akan terbiasa dengan sendirinya.