Dalam
sistem kelistrikan di mobil, alternator mobil merupakan pembangkit listrik
utama. Fungsinya merupakan sebuah sistem yang menghasilkan energi listrik yang
menyuplai energi listrik selama mesin mobil aktif. Perlu diketahui bahwa aki
merupakan alat pacu saat starter mobil dinyalakan, dan ketika alternator rusak, maka aki akan
otomatis berperan sebagai sumber listrik utama. Dalam sistem kelistrikan di
mobil, alternator mempunyai tegangan yang lebih tinggi daripada yang dimiliki
aki.
ΓΌ Cara Terkini akan memberikan gambaran tentang ciri-ciri alternator mobil rusak atau indikator-indikator alternator mobil rusak atau
mulai rusak.
Untuk
lebih jelasnya, mari kita lihat tanda-tanda saat alternator mobil mengalami
kerusakan:
•
Saat mesin mobil hidup,
lampu indikator akan menyala. Hal tersebut mengindikasikan alternator atau
generator listrik tidak mampu membangkitkan listrik.
•
Indikator lainnya yaitu
alternator menghasikan bunyi, hal tersebut disebabkan oleh bearing alternator
yang mengalami kerusakan sehingga menimbulkan suara bising dari alternator.
Perlu anda ketahui bahwa bunyi lainnya disebabkan oleh putusnya dioda rectifier
alternator.
•
Ketika aki diganti,
namun selalu mengalami tekor dan tidak mampu untuk melakukan starter, maka hal
tersebut disebabkan oleh kurangnya tegangan output yang dihasilkan atau
ngedropnya tegangan pengisian alternator.
Yang
perlu anda ketahui yaitu tegangan keluaran alternator aki 12volt mesti berada
dalam kisaran 13,6 hingga 14,0volt. Ketika mengindikasikan dibawah 13,6volt
maka aki akan selalu tekor dan tidak mampu melakukan starter, walaupun
indikator light aki tidak ON. Hal tersebut terjadi terutama pada kendaraan full
accesories, mobil dengan AC, mobil elektrik fan radiator, dan atau mobil yang
mempunyai bebab kelistrikan yang banyak.
Ketika
alternator mengalami drop, maka harus dicari tahu faktor-faktor penyebabnya,
berikut Cara Terkini berikan beberapa faktor penyebabnya:
•
Adanya satu dioda
rectifier yang putus yang terdapat pada IC regulator, maka arus yang timbul
oleh alternator tidak penuh.
•
Setingan ket out
eksternal voltage regulator yang memakai cut out, maka hal itu menyebabkan
alternator drop.
•
Adanya hubungan antara
rotor slip rings dengan carbon brush yang tidak maksimal, yang menghasilkan
terhambatnya arus listrik menuju rotor coil pada alternator.
Untuk
lebih jelasnya maka Cara Terkini akan memberikan sebuah sampel pada
hartop. Ketika memasang AC pada hartop, maka muncul masalah baru yaitu akan
mengalami overheat atau mendidihnya air radiator, terutama ketika AC dalam
kondisi diam.