-->

Cara Mengatasi Mesin Mobil Mati Saat AC Dinyalakan

Kenyamanan berkendara merupakan dambaan setiap pemilik mobil, kali ini Cara Terkini akan memandu anda untuk mengetahui cara mengatasi mesin mobil mati saat AC dinyalakan, penyebab mesin mobil mati ketika AC mobil dinyalakan atau mengetahui penyebab RPM down ketika AC dinyalakan.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Mati Saat AC Dinyalakan

Di dalam sistem mesin mobil, AC mobil yang didalamnya terdapat rotasi kompresor AC yang berputar dengan mesin merupakan beban mesin (Load Enginge) mobil. Kita ambil contoh ketika AC dihidupkan maka yang terjadi adalah kenaikan beban mesin sebesar 26-28 %. Dalam AC pun terdapat beban kelistrikan, yaitu blower, extra fan dan clutch compresor yang semuanya memerlukan listrik. Ditambah beban alternator dalam mesin mobil.

Maka sudah jelas bahwa AC mobil merupakan beban mesin yang memerlukan sistem idle up, karena tanpa itu akan mengakibatkan RPM mesin down saat AC dihidupkan, bahkan mesin mobil pun bisa mati. Maka idle up sangat diperlukan untuk AC mobil, yang fungsinya yaitu menaikan RPM saat AC dihidupkan.

Maka penyebab mobil mati saat AC dihidupkan, yaitu:
 Kompresor AC macet, yang mengakibatkan tidak sinkronnya sistem mesin mobil.
 Idle Up tidak bekerja dengan maksimal ataupun tidak berfungsi sama sekali.

Perlu anda ketahui bahwa RPM normal untuk mobil saat idle adalah 600 RPM-850 RPM. Namun beberapa mobil mempunyai unit proteksi ketika idle dibawah 50 RPM, maka hasilnya AC mobil tidak akan bisa dihidupkan.

Pengaturan Idle-up AC Mobil:

1.    Mobil Karburator
Untuk mengontrol idle up ac mobil pada mobil yang menggunakan karburator, umumnya dengan selenoid valve. Fungsinya yaitu untuk mengkoneksikan slang vacum dari intake manipol dengan mekanikal vacuum, yang fungsinya untuk mendorong sedikit katup gas supaya terbuka sedikit ketika ac hidup untuk menaikan rpm mesin mobil.

2.    Pada Mobil Injeksi
Setingan idle up pada mobil injeksi, terdapat pada ISC (Idle Speed Control) untuk mobil EFI yang  mengaplikasikan ISC. Contohnya yaitu Avanza Xenia, Honda Jazz 2005, Timor DOHC EFi, Vios Limo. Pengaturan idle up ac mobil oleh Motor Control Throttle Valve apabila mesin sudah memakai ETCS seperti Kijang Innova, Honda Jass RS 2009, New Limo,Yaris dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa panduan cara mengatasi mesin mobil mati saat AC dinyalakan, tentunya yang paling efektif yaitu bawa mobil anda ke bengkel yang telah terpercaya kualifikasinya. Artikel ini sifatnya menginformasikan, sebagai panduan anda untuk mengetahui cara mengatasi mesin mobil mati saat AC dinyalakan.