-->

Cara Mengembalikan File Terhapus Di Android Dengan Mudah

Cara mengembalikan file yang terhapus di android merupakan langkah tepat apabila kita kehilangan file baik secara sengaja atau tidak sengaja. Seperti yang diketahui, kehilangan file baik foto, video atau sebagainya merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Apalagi foto atau video tersebut menyimpan sejuta kenangan.  Bisa dibayangkan betapa pentingnya apabila kehilangan file foto atau video yang berisi momen-momen yang tidak dapat diulang.

Berbeda dengan di laptop atau komputer, kita masih bisa mengembalikan file tersebut dengan mudah. Karena biasanya di komputer atau laptop file yang terhapus masuk secara otomatis ke dalam Recycle Bin. Cukup merestore data maka file yang tehapus akan kembali ke tempat atau folder semua. Jelas hal ini sangat berbeda dengan android.

restore delete file

Bagi pengguna Android, memang tidak ada menu ataupun pilihan seperti itu. Akan tetapi bukan berarti file yang terhapus akan hilang begitu saja. Pengguna Android masih bisa mengembalikan file yang terhapus kendati file tersebut berbentuk foto ataupun video. Sehingga nantinya file yang terhapus masih bisa kembali seperti biasa. Adapun untuk cara mengembalikan file yang terhapus di android bisa dilihat di bawah ini.

Berikut Cara Mudah mengembalikan file yang terhapus di android:

1. Periksa dan pastikan smartphone Android anda sudah dalam keadaan root
2. Bukalah “Google Play Store” kemudian download aplikasi Undelete For Root User
3. Install aplikasi tersebut kemudian jalankan pada smartphone Android anda
4. Pastikan letak file yang tersimpan, apakah terdapat di memori internal atau di memori eksternal dan yang tidak kalah penting pastikan juga nama file yang terhapus
5. Sampai “menu select Storage” maka yang harus dilakukan adalah memilih memori tempat file tersimpan, kemudian lanjutkan “Scan Storage”. Tunggu hingga proses scanning selesai.
6. Apabila proses scanning selesai, maka berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan melihat daftar file. Biasanya yang muncul adalah semua file pada memori tersebut, baik yang sudah dihapus maupun yang belum.
7. Jika file tersebut sudah ditemukan, maka sentuh lama atau tahan dan tahan hingga muncul pilihan “restore item
8. Pilihlah menu tersebut dan lihatlah file anda akan kembali

Itulah cara mudah dalam mengembalikan file yang terhapus. Perlu diketahui, aplikasi ini merupakan aplikasi freeware atau gratisan. Tentunya cara kerjanya pun masih terdapat beberapa keterbatasan dan kelemahan. Sedangkan untuk aplikasi yang lebih baik maka alangkah baiknya memilih aplikasi yang berbayar. Sehingga nantinya proses pengembalian data lebih berjalan sempurna.

Sejatinya aplikasi ini cukup baik. Kendati gratisan namun cukup ampuh mengembalikan data yang hilang karena terhapus. Namun kadang terdapat beberapa file yang tidak bisa dikembalikan. Sehingga membutuhkan aplikasi yang lebih baik atau aplikasi premium. Baca juga Cara Mengatasi Kartu Memori Yang Rusak Pada Android, ingsya'allah bermanfaat. Salam Sukses