-->

Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android

Cara menghemat kuota Internet pada smartphone Android merupakan salah satu cara untuk mengirit pengeluaran di tengah naiknya BBM seperti saat ini. Smartphone Android  dan Internet merupakan kesatuan yang tidak bisa dipisah. Dengan kata lain, smartphone tidak lagi berfungsi seperti halnya ponsel pintar lainnya jika tidak ada sambungan dengan internet.

Kian eratnya hubungan antara smartphone dengan sambungan internet membuat banyak perusahaan operator seluler selalu menawarkan paket internet. Bahkan persaingan antar perusahaan tersebut menyebabkan pasar paket internet menjadi lebih murah. Kendati begitu, pengguna tetap berusaha untuk menghemat penggunaan kuota internet. Hal ini dikarenakan kebutuhan manusia akan sambungan internet semakin meningkat.

Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android

Banyaknya cara yang bisa dilakukan untuk mengirit penggunaan data atau kuota internet pada smartphone android. Salah satunya adalah dengan melakukan kompresi data. Dengan melakukan kompresi data maka penghematan kuota internet bisa mencapai 50%. Artinya fitur kompresi data ini menjadi solusi tepat untuk meminimalisir penggunaan kuota yang kadang sangat terbatas.

Adapun beberapa cara untuk melakukan kompresi data atau menghemat kuota internet pada smartphone android adalah sebagai berikut:
1. Pada Chrome
Chrome merupakan salah satu alamat atau aplikasi browsing yang paling banyak diminati. Selain biasanya lebih ringan, chrome juga langsung terhubung dengan google. Sehingga pengguna tanpa harus masuk ke google sudah bisa browsing langsung melalui chrome ini.

Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android

Adapun cara untuk menghemat kuota internet dengan menggunakan chrome adalah membuka aplikasi chrome kemudian pilihlah “menu”. Setelah itu masuklah ke “setting” sehingga muncul jendela pengaturan lain. Pilihlah opsi Bandwith management. Jika sampai Reduce Data Usage, yang harus dilakukan adalah dengan merubah reduce data dari OFF menjadi ON.

2. Pada Opera

Seperti halnya Chrome, Opera juga kerap menjadi pilihan dalam membuka web atau browsing. Sehingga langkah mengkompresi penggunaan data pada opera menjadi solusi tepat bagi penyuka opera. Apalagi sejatinya opera sudah menyedian menu kompresi bagi pengguna smartphone android. Sehingga dalam menghemat data menjadi lebih mudah jika dibandingkan dengan Chrome. Adapun cara menghemat kuota internet melalui opera adalah cukup klik atau menyentuh logo opera yang terdapat pada bagian kanan bawah. Setelah itu akan muncul menu pengaturan Off-Road. Ubahlah pengaturan off roan tersebut dengan menggeser ke posisi ON.

3. Pada UC Browser

Nah Untuk yang satu ini caranya cukup mudah tinggal tekan menu pilihan lalu klik add ons kira-kira seperti gambar dibawah ini.

Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android

Setelah itu untuk anda yang suka facebook tinggal beri tanda centang di FB lebih cepat seperti gambar dibawah ini.

Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android

Dan untuk yang browsing silahkan klik Mode Cepat kemudian akan muncul beberapa pilihan, untuk Google, twitter dan yahoo silahkan pilih mode ringan dan untuk Lainnya silahkan pilih mode Ponsel seperti apa yang sudah saya contohkan didalam gambar dibawah ini.

Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android

Itulah beberapa cara untuk menghemat kuota internet pada smartphone android. Untuk melihat penggunaan data pada Chrome maka bisa dipantau di menu Bandwith management. Sedangkan untuk pengguna opera bisa dilihat di menu off-road. Amatilah penggunaan data, jika masih belum hemat maka bisa dicoba lagi. Akan tetapi biasanya langkah ini biasanya cukup berhasil. Akan tetapi jika setelah di cek penggunaan data masih sama, maka cara tersebut bisa diulang hingga berhasil.