-->

Dampak Buruk Stres Terhadap Otak Manusia

Meskipun belum ada data pasti mengenai hubungan stress dengan kesehatan, namun banyak pakar kesehatan memastikan bahwa ada korelasi baik itu jangka pendek maupun panjang antara stres dengan kesehatan seseorang.

Dampak Buruk Stres Terhadap Otak Manusia

Stres merupakan symptom normal yang sering dialami oleh sebagian orang, namun jika kadarnya berlebih maka akan berdampak buruk pada kesehatan. Gejala yang muncul seperti sakit kepala, mood yang menjadi sensitif, cepat meledak yang kemudian dapat berkembang menajdi demama atau bahkan pada giliran terparahnya dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Lalu pertanyaannya, dimana hubungan stress dengan perkembangan otak? Inilah mekanismenya.

Ketika seseorang mengalami stress, tubuh manusia akan melepaskan hormon yang disebut kortisol. Hormon tersebut akan berdampak buruk bagi hippocampus otak, yaitu dapat memperkecil ukuran otak, membunuh sesl-sel saraf pada otak dan menghambat proses regenerasi sel-sel baru. Yang akan berdampak pada menurunnya kemampuan otak  dalam mempersepsi atau mengendalikan zat imun didalam tubuh.

Apa saja Dampak Buruk Stres Bagi Pertumbuhan Otak, Berikut Cara Terkini mengulasnya dibawah :

1.Stres Melemahkan Daya Ingat


Kenaikan tingkat glukokortikoid yang diakibatkan oleh stres yang berkepanjangan akan berepngaruh pada melemahnya daya ingat seseorang. Ekses dari hal tersebut karena ujung saraf yang lebih tua merasakan sel-sel saraf otak yang baru.

2.Stres Menyebabkan Penyusutan Otak


Stress yang berlebih akan mengakibatkan komposisi otak menjadi mengecil, kondisi seperti ini biasa terjadi pada korban kekerasan atau trauma.

3.Stres Lebih Mungkin Membuat Saraf Terjepit

Akibat dari stress lainnya yaitu dapat membuat sel-sel saraf otak terjepit secara bersamaan, jika hal itu terjadi maka aliran darah, nutrisi serta oksigen akan terhambat.

Mungkin itulah sedikit pembahasan saya mengenai Dampak Buruk Stres Terhadap Otak Manusia semoga saja postingan ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda semuanya. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. Salam Sukses !!!