-->

Kenali Sejak Dini Gejala TBC pada Anak

Tuberculosis atau TBC merupakan salahsatu penyakit paling mematikan, khususnya di Indonesia. TBC merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosae. Bakteri ini biasanya menyerang organ paru-paru manusia dan organ pernafasan yang lainnya.

Kenali Sejak Dini Gejala TBC pada Anak

Namun ternyata tidak hanya paru-paru dan organ pernafasan, organ lain pun bisa ikut terserang, seperti selaput otak dan kulit. Selain itu TBC menyerang manusia dalam semua tingkatan umur, tidak peduli bayi, anak-anak, remaja ataupun orangtua. Untuk ukuran pengidap TBC pada anak-anak sangat sulit untuk dikenali. Berkit Cara Terkini berikan beberapa gejala TBC yang timbul pada anak-anak.
  •     Demam
Penyakit TBC biasanya mempunyai ekses pada tubuh berupa demam.Timbulnya demam merupakan pertanda masa inkubasi dari basil penyebab TBC. Untuk anak-anak biasanya demam tidak terlalu tinggi yang membuat orangtua menyangka itu merupakan influenza biasa.
  •     Turun Berat Badan.
Untuk kadar yang cukup parah, anak-anak akan kehilangan nafsu makan sama sekali. Selain itu akan terjadi penurunan berat badan secara drastis. Akibat kurangnya nafsu makan membuat si anak menjadi turun berat badannya.
  •     Lemas.
Salahsatu gejala lainnya yaitu lemas, cepat capai dan tidak aktif. Anak akan lebih banyak mengurung diri, kelihatan pucat dan tidak mau aktif dalam segala aktivitas bermainnya.
  •     Batuk Kronis.
Gejala umum bagi penderita TBC yaitu batuk, dan ini juga terjadi bagi pengidap TBC anak-anak. Batuk mempunyai durasi waktu yang lama dan tidak mengeluarkan dahak.
  •     Diare.
Selain itu bagi anak-anak yang mengidap penyakit TBC, akan mengalami diare yang serius.

Alangkah baiknya jika terdapat gejala-gejala diatas, orangtua segera memeriksakannya pada dokter, untuk diambil tes laboratorium. Selain itu cara preventif juga diperlukan, seperti imunisasi BCG.

Mungkin itulah sedikit pembahasan saya mengenai Mengenali Sejak Dini Gejala TBC pada Anak semoga saja postingan ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda semuanya. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. Salam Sukses !!!