-->

Perbedaan Bensin Premium Dengan Pertamax


Mungkin anda pernah berfikir apa bedanya Bahan Bakar Premium dengan Pertamax? Akan saya jelaskan pada postingan kali ini. 

Premium merupakan bahan bakar minyak yang berjenis distilat yang memiliki warna kekuningan jernih. Premium merupakan Bahan Bakar Minyak yang paing banyak digunakan di Indonesia. Banyak yang menggunakan Premium karena harganya lebih murah dari Pertamax. Premium lebih murah karena mendapatkan subsidi anggaran pemerintah.
Perbedaan Bensin Premium Dengan Pertamax

Premium:

  1. Menggunakan tambahan pewarna dye.
  2. Mempunyai nilai Oktan 88.
  3. Menghasilkan Nox dan Cox dalam jumlah yang besar.
Pertamax Merupakan bahan bakar minyak andalan Pertamina, Sama seperti Premium, Pertamax juga dihasilkan dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihaslikan dari penambahan zat aditif pada kilang minyak pada saat proses pengolahan. Pertamaxpertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai pengganti Premix 98 yang memiliki unsur MTBE yang berbahaya bagi masyarakat. Pertamax juga memiliki keunggulan dari premium, Pertamax juga disarankan untuk kendaran yang diproduksi pada tahun 1990 keatas, terutama bagi kendaraan yang menggunakan teknologi setara dengan Electornic Fuel Injection (EFI) dan Catalytic Converters (CC).

Pertamax:


    Ditujukan untuk kendaraan yang berbahan bakar oktan tinggi dan anti timbal.
    Untuk kendaraan yang berteknologi Electornic Fuel Injection (EFI) dan Catalytic Converters (CC).
    Mempunyai nilai oktan 92.
    Bebas timbal.
    Pertamax menghasilkan Cox dan Nox yang lebih sedikit dibandingkan Bahan Bakar Minyak 
    lainya.



Pertamax Plus merupakan bahan bakar minyak yang diproduksi oleh Pertamina, sama halnya dengan Pertamax dan Premium, Pertamax Plus juga dihasilkan dari Pengolahan minyak bumi. Dihasilkan dengan cara melakukan penambahan zat aditif pada saat proses pengolahanya di kilang minyak. Pertamax Plus merupakan bahan bakar yang sudah memenuhi syarat standar performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC), dianjurkan untuk kendaraaan yang memiliki rasio kompresi minimal 10,5 serta menggunakan teknologi  Electornic Fuel Injection (EFI) dan Catalytic Converters (CC). Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan Catalytic Converters (CC).

Pertamax Plus:
  • Sudah memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC).
  • Bahan Bakar Minyak ini ditujukan untuk kendaraan yang berteknologi tinggi dan ramah lingkungan.
  • Menggunakan teknologi  Electornic Fuel Injection (EFI) dan Catalytic Converters (CC). Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan Catalytic Converters (CC).
  • Tanpa mengandung Timbal.
  • Mempunyai nilai Oktan 95.
  • Sebagai pengganti oktan, Pertamax mengandung Toulene.
  • Menghasilkan Nox dan Cox sangat sedikit.
Itulah sedikit penjelasan Cara Terkini mengenai perbedaan antara Premium Dan Pertamax.