-->

Cara Mengatasi Anemia

anemia adalah sebuah kondisi dimana hemoglobin tak lebih dari normal yaitu hanya sekitar 10-12 g/dl. Anemia ini apabila tak segera di atasi bisa memunculkan gangguan pada kesehatan. Kita tahu bahwa hemoglobin bertugas untuk mengikat oksigen yang akan di gunakan untuk metabolisme tubuh. Jika seseorang dalam kondisi anemia yang mana hemoglobin (Hb) kurang dari normal akan terjadi gangguan kesehatan mulai dari gangguan pusing, mudah lelah, pingsan bahkan hingga kematian. Oleh sebab itu anemia butuh segera di atasi untuk mencegah gangguan pada kesehatan tubuh.
Cara Mengatasi Anemia


Ada berbagai faktor yang bisa memicu terjadinya anemia ini. Sobat wajib mengenali faktor – faktor yang bisa menyebabkan terjadinya anemia, jadi bisa mencegah timbulnya penyakit yang satu ini. Ingat kan ada pepatah yang berkata kalau mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Cara Mengobati Penyakit Anemia
Bagaimana tutorial menanggulangi anemia ini. Sebelum kita tahu apa saja trik untuk mengobati penyakit anemia, baiknya kita juga wajib tahu penyebab apa saja yang memicu terjadinya anemia ini. Beberapa penyebab anemia antara lain:

Hamil alias mengandung
Saat keadaan hamil, jantung bunda akan menunjukkan peredaran pperedaran darah untuk bunda serta janin. Oleh sebab itu tubuh berkompensasi untuk meningkatkan volume darah. Hal ini menyebabkan kadar Hb menjadi turun jadi terjadi anemia.

Perdarahan
Perdarahan yang terus menerus serta tak segera di hentikaan akan menyebabkan volume darah menjadi banyak yang hilang. Hal ini juga menyebabkan kadar Hb menurun jadi memunculkan anemia. Wanita yang berada di usia subur juga beresiko terkena anemia sebab setiap satu bulan sekali memperoleh menstruasi.

Penyakit
Penyakit semacam thalasemia juga bisa menyebabkan anemia, talasemia adalah penyakit kelainan darah di mana produksi hemoglobin sangat sedikit.

Itu tadi berbagai faktor yang bisa menyebabkan terjadinya anemia. Setelah kita tahu penyebab anemia, kini kita cari tahu bagaimana tutorial menanggulangi anemia.

Cara menanggulangi anemia:
Cara menanggulangi anemia dengan sayuran
Tingkatkan konsumsi sayuran hijau khususnya yang mengandung zat besi dan juga vitamin lainya yang tinggi. Zat besi yang tinggi menolong proses pembentukan hemoglobin. Contoh sayuran yang mengandung banyak sekali zat besi antara lain bayam, kubis,seledri,  kol, kangkung, kentang manis. Tapi sobat juga harus berhati-hati sebab mengkonsumsi brokoli alias kol dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan kembung.

Cara menanggulangi anemia dengan buah-buahan
Selain menambah asupan sayuran, sobat juga butuh memperhatikan asupan buah-buahan. Buah-buahan yang baik untuk penderita anemia antara lain apel, semangka,anggur,  aprikot., kismis serta buah pulm.

Cara menanggulangi anemia dengan konsumsi daging serta seafood
Daging serta seafood kaya dengan kandungan vitamin B12 serta asam folat yang bertujuan dalam peningkatan produksi sel darah merah di tubuh.

Cara menanggulangi anemia dengan daun bawang merah
Rebus daun bawang merah bersama dengan sebutir telur. Makan telur serta rebusan daun bawang merah. Lakukan setiap 2 kali dalam sehari supaya anemia bisa segera sembuh.

Cara menanggulangi anemia pada bunda hamil
Untuk bunda hamil, perhatikan gizi seimbang. Makan makanan yang mengandung zat besi yang tinggi, periksakan kandungan dengan rutin, apabila butuh asam folat serta tablet tambah darah mungkin diperlukan.