-->

Cara Mengenali Aplikasi Berbahaya Pada Android

Cara Mengenali Aplikasi Berbahaya Pada Android - Pengguna android dari tahun ke tahun semakin meningkat, dan merupakan OS paling populer dan paling banyak digunakan banyak orang saat ini. Hal tersebut tidak terlepas dari fitur-fitur maupun layanan yang ada didalamnya. OS android telah terpasang di berbagai brand-brand smartphone yang mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda.

Cara Mengenali Aplikasi Berbahaya Pada Android


Pengguna android juga dimanjakan dengan layanan Google Playstore, dimana anda bisa dengan sepuasnya mendownload aplikasi-aplikasi gratis yang jumlahnya sangat banyak tersebut. Namun perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi gratis tersebut bisa dikatakan aman sepenuhnya, karena bisa jadi aplikasi tersebut berisi malware yang sangat berbahaya bagi performa smartphone itu sendiri.

Cara Mengenali Aplikasi Berbahaya Pada Android
Kali ini Cara Terkini akan memberikan panduan cara mengenali aplikasi berbahaya pada android, berikut tips-tipsnya:

1.    Install Antivirus
Antivirus  disini berperan sebagai pendeteksi malware, meski masih belum sepenuhnya bisa menjaga keamanan android yang kita gunakan dari serangan malware, namun setidaknya dengan Antivirus anda bisa lebih aman menginstall beberapa palikasi yang anda ragukan, karena antivirus akan memberitahu jika ada kemungkinan malware yang terkandung dalam sebuah aplikasi yang akan di instal pada gadget android.

2.    Cek Review dari Aplikasi Tersebut

Sebelum mengunduh aplikasi, biasakan untuk melihat review dari para user yang telah mengunduh aplikasi tersebut, dari situ terlihat apakah aplikasi tersebut layak untuk diunduh atau tidak.

3.    Download dari Situs Terpercaya
Usahakan download aplikasi dari situs terpercaya, jangan asal mendownload aplikasi dari link link tak di kenal, karena kemungkinan besar aplikasi tersebut sudah dimodifikasi dan di isi malware oleh sejumlah orang yang tidak bertanggungjawab dan kemudian di publikasikan. Anda bisa melakukan pencarian beberapa saat untuk kemudian menganalisa situs-situs mana saja yang paling terpercaya.

4.    Cek Aplikasi Permission
Biasanya setiap akan menginstall aplikasi akan muncul aplikasi permision, yakni hak aplikasi untuk sinkron dengan beberapa akun anda, misalnya kontak,email dan lain-lain. Jika anda tidak yakin dengan aplikasi yang mengakses beberapa akun pribadi , sebaiknya jangan mengunduh aplikasi tersebut, demi keamanan data pribadi anda.

Mungkin itulah sedikit Trik dari Cara Terkini mengenai Cara Mengenali Aplikasi Berbahaya Pada Android semoga saja dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.