-->

Atur Google Maps Versi Offline sebagai Penunjuk Jalan

Terdapat berbagai aplikasi penunjuk jalan seperti Waze. Namun, keluaran Google bertajuk Maps tidak kalah populernya. Sayangnya, dalam pengaplikasiannya dibutuhkan jaringan internet. Lalu, bagaimana saat tersesat di daerah minim sinyal? Untuk mengatasi masalah tersebut, tahun lalu Google merilis versi offline-nya. Nah, berikut langkah-langkah mengaktifkannya.

Sebelumnya, versi offline Google Maps mempunyai kelebihan yaitu penghematan data dan baterai. Terlebih lagi, fitur ini relatif lebih cepat, karena tidak memerlukan transfer data saat melacak suatu tempat dan mengestimasikan jarak yang tersisa.

Atur Google Maps Versi Offline sebagai Penunjuk Jalan

Pada dasarnya, cara yang dilakukan untuk mengaktifkannya sama pada tiap smartphone. Sebelum melakukan perjalanan, bukalah aplikasi terlebih dahulu. Kemudian, tap menu, klik Offline Areas. Selanjutnya, pilih opsi Local. Saat ada konfirmasi Download Now, pastikan jaringan seluler Anda dalam kondisi stabil. Setelah itu, tandai area yang akan dikunjungi. Semakin luas, maka otomatis kuota yang dibutuhkan semakin banyak. Kalau semisal Anda memiliki kuota yang terbatas, tap tombol Download.Tapi, memang lebih  baik jika mengunduhnya dengan jaringan Wi-Fi.

Jika berkas berhasil diunduh, Anda sudah bisa menggunakan versi offline-nya serta memilih rute terdekat dari lokasi di manaAnda berada. Terlebih lagi, Anda juga dapat mengunduh peta suatu wilayah secara spesifik, termasuk tempat-tempat penting, seperti: hotel, SPBU, ATM, tempat ibadah, atau rumah makan. Tinggal ketik namanya di form pencarian, kemudian tap hasil pencarian, yang selanjutnya pilih tap kembali pada tombol menu dan Download Offline Area.

Lebih jauh lagi, berkas-berkas yang diunduh otomatis akan tersimpan di penyimpanan internal secaradefault, tapi bisa juga mengunduhnya di kartu SD. Namun, jika gadget Anda sudah menggunakan versi Android 6.0 atau yang lebih tinggi lagi, penyimpanan area offline akan otomatis masuk di SD card. Sebelumnya, tentu saja Anda harus mengaturnya, tentang bagaimana cara mengonfigurasikannya.

Lalu, jika Google Maps Anda masih versi lama dan tidak ada fitur auto update, maka perbaharuilah terlebih dahulu dengan cara buka Play Store, pilih menu, kemudian my apps, installed, terakhir cari Google Maps. Selanjutnya, Anda akan memperbaharuinya secara manual. Jika area-area yang dituju sudah tampak, tap kemudian tahan selama beberapa saat sampai muncul konfirmasi “Dropped Pin.” Swapkeatas, lalu tap “Save map to use offline.” Setelahnya, Anda akan dihadapkan pada pertanyaan “Save this map?” untuk mengiyakan, klik Save di bagian bawah. Agar memudahkan, berikan nama pada berkas yang telah diunduh. Cara membukanya saat nanti dibutuhkan berbeda dari sebelumnya yakni buka aplikasinya, pilih menu, dan Your places. Dan, peta tersebut akan tersimpan selama satu bulan. Jika sudah melewati tenggat waktu, akan dikirim pemberitahuan apakah diperbaharui, dihapus, atau rename untuk mengaturnya lagi.

       Mungkin itulah artikel yang bisa Cara Terkini  bagikan kepada Anda semua mengenai Atur Google Maps Versi Offline sebagai Penunjuk Jalan  Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dalam penulisan mohon saran dan keritiknya dan bagi yang mau menambahkan silahkan isi di kolom komentar. Terimakasih Telah Berkunjung Semoga Artikel Saya ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda semua