-->

Cara Membuka File dengan Format RAR di Android

Apakah Anda menerima file dengan format RAR dan kesulitan untuk membukanya? Memang, diperlukan sedikit usaha untuk melakukannya. Selain dengan cara manual, menggunakan menu Extract file atau Extract here (bawaan Windows), ada pun cara lainnya yang lebih singkat dan praktis. Nah, bagaimanakah langkah-langkahnya? Mari simak ulasannya dalam artikel ini.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi pengekstrak file. Ada berbagai jenisnya, namun yang paling umum adalah WinRar. Kalau sudah di-install, maka langsung saja masuk ke Windows Explorer dan membuat folder baru untuk menyimpan file RAR. Pada file teratas, klik kanan, lalu muncul tiga pilihan; extract files, extract here, dan extract to. Ketiganya sama-sama berfungsi untuk mengekstrak file, tapi letak dan caranya akan berbeda.

Cara Membuka File dengan Format RAR di Android

Agar pemahaman Anda bertambah, mari coba setiap pilihan. Jika Anda memilih menu extract files, maka pada jendela akan muncul pilihan di mana folder yang akan menyimpan ekstraksi. Jika sudah, klik ok, dan tunggu prosesnya. Kalau tanpa aplikasi, hal ini akan memakan waktu lama, tapi setelah pengunduhan WinRar, waktunya lebih singkat. Setelah proses pengekstrasian selesai, muncullah folder awal yang menyimpan file awal. Kembali, klik ok.

Kemudian, menu extract here dan extract to lebih tepat jika digunakan untuk mengekstrasi file Zip, yang sama-sama memperkecil ukuran file. Caranya tidak terlalu berbeda dengan di atas. Hanya saja menu ok berubah menjadi unzip. Selain WinRar, Anda juga bisa mengunduh aplikasi bernama 7z untuk mengekstraksi file berformat Zip dengan cara yang masih sama.

Jika cara di atas adalah tutorial untuk laptop atau PC, bagaimana dengan Android? Pada dasarnya, langkah-langkah yang harus dilakukan relatif sama. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi gratis bernama AndroidZip File Manager di Google Play Store, kemudian ikuti tahapan-tahapan berikut.

Setelah di-install, bukalah aplikasi tersebut. Nantinya ada empat pilihan; Extract file here, Extract to, View archive, dan Send. Kalau Anda hanya berniat untuk membukanya tanpa mengekstraknya, yang akan tersimpan pada memori perangkat, maka pilihlah View archive. Namun, jika sebaliknya, pilihlah dua opsi di atasnya.

Aplikasi AndroidZip File Manager tidak hanya untuk mengektraksi, tapi juga bisa mengurangi ukuran file. Caranya sendiri sama persis pada Windows yakni pilih file yang akan dikompres, kemudian klik create dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Mungkin, sekarang Anda bingung. Apakah bedanya RAR dan Zip? Pada dasarnya, mereka sama. Hanya saja, penemunya yang berbeda. RAR dibuat oleh Eugene Roshal, sementara Zip dibuat oleh Phil Katz. Namun, bagi pengguna yang lebih mahir, format RAR lebih diminati, karena menghasilkan tingkat kompresi yang lebih tinggi dan paling efektif untuk file berukuran besar, seperti: film, musik, dll.

        Mungkin itulah artikel yang bisa Cara Terkini  bagikan kepada Anda semua mengenai Atur Google Maps Versi Offline sebagai Penunjuk Jalan  Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dalam penulisan mohon saran dan keritiknya dan bagi yang mau menambahkan silahkan isi di kolom komentar. Terimakasih Telah Berkunjung Semoga Artikel Saya ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda semua