-->

Cara Mudah Mengatasi Android Lemot / Lambat Tanpa Aplikasi

Tips mempercepat kinerja HP Android  - Android kini memang sedang populer dimana-mana, tak jarang kita temukan di setiap jalan ada orang yang menggunakan smartphone baik anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Android yang disediakan memang sudah disetting sedemikian rupa agar bisa memenuhi keinginan penggunanya dan memudahkan penggunanya.

Cara Mudah Mengatasi Android Lemot / Lambat Tanpa Aplikasi

Namun setiap jenis Hp android pasti ada kalanya dimana sistem kerja atau kinerja hp android tersebut melambat sehingga menyulitkan pengguna, terlebih lagi jika saat itu kita sedang sangat membutuhkan hp tersebut. 

Kinerja android yang lambat ini disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut ini :

1. Ada Bug
2. Cache Terlalu Penuh
3. RAM Berat
4. Banyak Terdapat Virus
5. Terlalu Banyak Aplikasi
6. Sering Error atau rusak.

Beberapa hal diatas mungkin akibat kita sendiri yang memang tak selalu memperhatikan kondisi hp android kita, tapi tenang karena disini saya akan membagikan beberapa tips untuk mempercepat kinerja hp android anda. 

Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mempercepat kinerja android anda :

1. Menghapus Cache

Menghapus cache adalah cara pertama dan cara termudah untuk mempercepat proses kinerja android anda, cache inilah yang merupakan kumpulan dari data-data milik anda yang tersimpan pada perangkat android tersebut.

Hal apapun yang anda lakukan menggunakan android tersebut baik itu membuka aplikasi ataupun situs di browser akan dicatat oleh sistem android dan inilah yang disebut dengan cache.

Jika cache ini sudah terlalu penuh, maka prosesnya akan mempengaruhi kinerja dari android sobat. sama halnya seperti cache pada browser.

2. Install Aplikasi Seperlunya saja

Aplikasi yang terlalu banyak dapat mempengaruhi kinerja android anda karena ruang yang tersisa tidak cukup untuk menyimpan data-data cache.

Disini saya sarankan anda untuk menginstall aplikasi yang memang anda rasa benar-benar perlu untuk menghemat ruang android anda.

3. Update Firmware

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mengupdate Firware secara teratur, seperti yang telah saya uraikan diatas bahwa salah satu penyebab kinerja android lamban ialah karena terdapat bug. 

Nah firmware ini berguna untuk memperbaiki bug-bug yang ada di dalam perangkat android anda sehingga prosesnya lebih cepat, firmware ini sangat mudah digunakan karena anda tinggal mengatur beberapa setting lagi saja, dan anda juga harus selalu mengupdate firmware ini agar kinerja android anda tetap stabil.

4. Non-Aktifkan Aplikasi

Jika ada banyak aplikasi di android kamu yang memang benar-benar kamu perlukan dan tak bisa menghapusnya, anda bisa menon-aktifkan aplikasi tersebut sehingga tidak banyak menghabiskan ruang cache dan memperlambat kinerja.

Selain itu saat menutup aplikasi, sebaiknya ditutup sampai benar-benar terhapus, mungkin anda biasanya hanya menekan tombol home saja untuk menutup aplikasi.

Cara ini benar-benar tidak efektif karena aplikasi masih terbuka di background atau aplikasi berjalan, cara yang benar ialah dengan menutup langsung melalui menu pada aplikasi tersebut atau mungkin dengan menekan tombol back.

5. Gunakan Memory Eksternal

Selanjutnya yang bisa anda lakukan ialah menggunakan memori eksternal untuk penggunaan data, memori internal yang disediakan oleh perangkat android biasanya hanya sedikit dan itu tak cukup untuk menyimpan data-data history perangkat anda.

Solusi yang tepat ialah dengan menggunakan memory eksternal karena ini akan menghemat penggunaan data dan mengurangi data use sehingga kinerja android anda tetap terjaga.

6. Reset HP Android

Ini adalah cara terakhir yang bisa kamu gunakan jika cara-cara diatas tidak berhasil, HP android yang sudah cukup lama digunakan akan menyimpan beban yang terlalu berat seperti cache, history browsing, dan lain sebagainya. Nah untuk mengatasinya sobat bisa mereset hp android tersebut. 

Mereset disini artinya ialah membalikkan setelan dan semuanya seperti saat awal anda membelinya, jadi seluruh data-data dan file tersimpan akan dihapus.

Jika anda tak ingin data-data yang ada pada android tersebut terhapus maka sebaiknya anda melakukan back up dulu sebelum reset hp android sobat.

Nah,itulah tadi beberapa tips dari saya mengenai cara mempercepat hp android, semoga bermanfaat untuk sahabat Cara Terkini semuanya.