-->

Mau Hemat Paket Data? Begini Caranya

Munculnya berbagai aplikasi menarik yang bisa diunduh lewat ponsel pintar memotivasi pengguna gadget satu ini untuk membeli paket internet. Mulai dari memainkan game online sampai berkomunikasi lewat berbagai media sosial. Namun, yang menjadi masalah, tidak jarang juga mereka membutuhkan ukuran data yang tidak sedikit—sehingga cepat habis. Jangan khawatir, ada beberapa solusinya, kok, dan mari temukan dalam artikel ini.

            Selain buku, internet bisa sebagai sarana menambah ilmu. Untuk melakukannya, maka Anda harus masuk ke mesin pencari, yang selanjutnya mengetikkan kata kunci tertentu. Nah, untuk menghemat data, gunakanlah fitur Chrome “data saver.” Caranya adalah pilih menu setting di ponsel, data saver, kemudian on.

            Punya aplikasi yang tidak ingin Anda gunakan untuk sementara waktu? Agar sinkronisasinya berhenti saat ada data internet, maka sebaiknya Anda non-aktifkan. Tinggal pilih menu setting, accounts, lalu pilih aplikasinya.

            Meski ada provider yang membuat aplikasi khusus sebagai pengingat kuota, namun di ponsel Anda pun sebenarnya ada. Caranya masih kurang lebih sama, yaitu pilih menu setting, data usage, cellular data, dan terakhir set cellular data limit.


           Jika Anda merasa sangat boros kuota, maka hentikan penggunaan data pada background. Lagi, pilih setting, data usage, lalu tap tiga garis vertikal di kanan atas, restrict background data, dan ok. Meski notifikasinya terlambat datang, cara ini ampuh sebagai cara penghematan.

            Semakin besar ukuran aplikasi, maka berpotensi menyedot paket internet paling banyak. Tapi, untungnya akhir-akhir ini ada versi “hematnya,” semisal saja Facebook Lite. Nah, untuk mengetahui aplikasi apa saja di ponsel Anda, yang memakan banyak data, caranya adalah pilih menu setting, data usage, lalu scroll sampai bawah. Di sana akan tertera berapa jumlah data yang dihabiskan aplikasi tersebut.

            Opsi Android data usage memang bisa mengingatkan Anda jika sudah memakai data melebihi batas, namun untuk melakukannya per aplikasi, maka pilihlah menu setting pada aplikasi tersebut, kemudian back up & sync.

            Pada saat pertama kali Anda mengisi paket internet, terdapat pembaharuan aplikasi secara otomatis, yang meminta persetujuan Anda iya atau tidaknya. Pembaharuan seperti ini tentu akan menyedot banyak kuota Anda. Jadi, gunakan WiFi saja, di mana tidak ada limit datanya. Bagaimana caranya agar ter-update saat terkoneksi WiFi saja? Kembali, pilih menu setting, auto-update apps, lalu auto-update apps over WiFi only. Atau, cara lainnya adalah mematikan unduh otomatis pada Google Play, dengan cara setting, auto update apps, kemudian do not auto-update apps.

            Pada aplikasi tertentu, terdapat opsi penghematan data, contohnya saja pada Whatsapp dan Snapchat (melalui Travel Mode). Jadi, sebelum menggunakannya lebih baik mengotak-atiknya terlebih dahulu. Dan, untuk salah satu aplikasi chatting ini, caranya sendiri adalah pilih menu setting, chat setting, media auto, kemudian download. Anda bisa mengaktifkannya lagi jika memang ingin mengunduh sesuatu di percakapan, seperti foto, lagu, atau video.


            Ada pun cara praktis untuk menghemat data, yaitu mengunduh aplikasi penghemat data. Salah satu aplikasi tersebut ialah “Juice Defender.” Di dalamnya bahkan ada fitur otomatis mematikan koneksi internet pada keadaan layar terkunci.

           Bagi Anda pecinta film dan ingin streaming lewat Spotify atau Netflix, ada juga fitur penghematan dayanya, meski mengurangi resolusi gambarnya. Tapi, tidak menjadi masalah besar sebenarnya, karena masih bisa terlihat mata.