-->

Fitur-Fitur Tersembunyi pada WhatsApp yang Harus Anda Ketahui

Salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer adalah WhatsApp. Aplikasi tersebut mengalami pembaharuan dari waktu ke waktu baik dari segi tampilan maupun fitur. Lalu, apa sajakah fitur-fitur tersembunyinya yang belum Anda ketahui? 

Kalau dulu, jika Anda berganti smartphone, maka percakapan dalam WhatsApp akan hilang semua. Tapi, dalam versinya yang terbaru, Anda bisa mem-backup percakapan yang sekiranya berisi hal-hal penting. Caranya adalah masuk pada menu setting, kemudian, cari tab bertuliskan chat backup. Cadangan percakapan Anda pun nantinya tersimpan di Google Drive. Namun, sebelumnya masukkan akun Gmail milik Anda.


Fitur-Fitur Tersembunyi pada WhatsApp yang Harus Anda Ketahui

WhatsApp versi terbaru juga bisa menyimpan percakapan dalam bentuk teks. Caranya mudah saja, buka tab obrolan yang ingin disimpan, lalu, sentuh tiga titik vertikal di kanan atas, pilih more, dan terakhir E-mail chat. Setelahnya, Anda diberi pilihan apakah menyertakan berbagai media juga atau dalam bentuk teks saja. Percakapan Anda pun nantinya akan dikirim ke akun Gmail maupun E-mail, pilih salah satunya dengan memasukkan alamatnya.

ID WhatsApp adalah nomor ponsel, sehingga bisa saja orang tidak dikenal mengirimkan pesan spam yang sangat mengganggu. Tenang saja, Anda bisa memblokir kontaknya dengan cara sentuh tiga titik vertikal di kanan atas, pilih tab more, dan Anda akan menemukan pilihan block.

Merasa terintimidasi jika seseorang ingin mengetahui last seen Anda? Untuk menjaga privasi tersebut, dapat diselesaikan dengan cara pilih menu setting, tab account and privacy, dan pilihlah siapa yang bisa melihat last seen Anda. Ada pun tiga pilihan, yaitu: everybody, my contact, dan nobody.

Berbagai media yang dikirim melalui WhatsApp akan otomatis tersimpan pada perangkat. Hal tersebut pastinya akan memakan kuota. Untuk mengatasinya, pilih menu setting, kemudian, data usage, dan media auto download. Terdapat tiga pilihan setelahnya, yang harus Anda pilih.

Salah satu alasan pengguna menyukai WhatsApp adalah dapat mengetahui apakah sudah dibaca atau belum. Bagi si penerima pesan, yang tidak ingin hal itu terjadi, karena belum sempat membalas, bisa disembunyikan dengan cara pilih menu setting, account and privacy, read receipts, dan terakhir hapus tanda centang untuk menon-aktifkannya.

Pada smartphone tertentu, terdapat fitur tanda bintang pada pesan untuk menandai hal-hal yang dinilai penting. Dalam WhatsApp versi terbaru pun ada juga fitur tersebut. Tinggal sentuh pesan selama beberapa saat dan ditahan. Untuk mengetahui daftar pesan tersebut, sentuh ikon di kanan atas, lalu, pilih starred messages. 

Fitur tersembunyi lainnya adalah bisa mencolek teman di grup. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menambah karakter @ dan diikuti dengan ID. Selain itu, dapat mengatur format tulisan seperti mempertebal, memiringkan, dan dicoret seperti correction pada Microsoft Word. Gunakan dua * di antara kalimat untuk mempertebal, underscore untuk memiringkan, dan karakter ~ untuk mencoret. Agar memudahkan topik mana yang ingin dikomentari di grup, WhatsApp versi terbaru bisa melakukannya. Caranya tinggal tekan pesan tersebut dan jika muncul ikon panah, pilihlah, maka pesan tersebut akan terkutip.

        Mungkin itulah artikel yang bisa Cara Terkini  bagikan kepada Anda semua mengenai Fitur-Fitur Tersembunyi pada WhatsApp yang Harus Anda Ketahui.  Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dalam penulisan mohon saran dan keritiknya dan bagi yang mau menambahkan silahkan isi di kolom komentar. Terimakasih Telah Berkunjung Semoga Artikel Saya ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda semua.