-->

5 Tips Untuk Mengatasi Laptop Yang Mulai Lemot

Mengetahui bagaimana Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot merupakan hal yang sangat wajib bagi anda.Khususnya anda. yang memanfaatkan laptop sebagai alat untuk menyelesaikan berbagai tugas pekerjaan kantor maupun tugas-tugas sekolah. Laptop yang lemot tentunya akan mengganggu produktifitas kita. Bagaimana tidak, jika seharusnya pekerjaan selesai dalam 1 jam namun karena laptop yang lemot pekerjaan itu bisa selesai hingga berjam-jam amanya.

5 Tips  Untuk Mengatasi Laptop Yang Mulai Lemot

Nah, untuk anda yang saat ini sedang mengalami hal tersebut maka simaklah ulasan berikut mengenai Tips Jitu Mengatasi Laptop Yang Lemot.

1. Membersihkan Junk File

Perlu anda ketahui jika faktor utama yang menyebabkan laptop anda lemot adalah banyaknya Junk Files yang terdapat pada laptop anda, Junk File mampu membuat kinerja hard disk semakin berat, sehingga performa laptop anda semakin menurun.

Rekomendasi : Mengenal Jenis Virus yang Terdapat di Komputer

Maka dari itu sangat disarankan untuk membersihkan junk files agar laptop anda tidak lemot, banyak sekali program yang bisa membantu anda dalam mengatasi masalah ini, Salah satunya adalah Ccleaner. Aplikasi ini mampu membersihkan berbagai file yang tidak penting seperti cookies ataupun temporary files,  pembersihannya bisa dikatakan maksimal dan akan membuat laptop anda fresh kembali sehingga tidak lemot lagi.

2. Rutin Melkukan Defrag harddisk

Fungsi utama dari Defrag hdd adalah mengatur ulang atau membersihkan file-file yang tak bisa diatur oleh OS.Anda bisa melakukan defrag hdd menggunakan tools bawaan dari windows. Caranya pun sangat mudah yakni:

  • Pertama-tama buka terlebih dahulu disk defragment bawaan windows, jika anda mengguunakan windows 10 caranya adalah ketikan "defrag" pada kotak search di taskbar. Maka akan terlihat disk defragmenter.
  • Setelah itu klik "analyze" dan jika sudah klik "optimize".Disarankan untuk mendahulukan drive system.

3. Jangan Menjalankan Programs Secara Otomatis Ketika Start Up.

Sebisa mungkin jangan pernah menjalankan program ketika Start Up, sebab hal ini akan memicu laptop anda menjadi lemot. Jika hal itu memang dibutuhkan maka pilih saja program yang benar-benar anda gunakan dan non aktifkan program dari auto start jika jarang dipakai. Caranya adalah klik Start kemudian pilih Run untuk xp ketikkan msconfig.exe lalu Enter. Untuk vista anda bisa mengetikkan msconfig kemudin klik Enter, lalu klik tab "Start Up". Lihatlah program apa saja yang tidak digunakan kemudian hapuslah tanda centangnya.

4. Secara Rutin Menghapus Virus 

Berbagai virus yang terdapat pada laptop mampu memicu kinerja laptop menjadi lemot,  hal ini disebabkan oleh beberapa virus ada yang bersarang pada memori ketika laptop pertama kali menjalankan booting. Ada juga tipe virus yang memang sengaja menumpuk di memori yang pada akhirnya embuat performa laptop tidak maksimal dan menjadi lambat. Maka dari itu lakukanlah scanning system secara rutin dan pastikan juga antivirus yang ada pada laptop sobat selalu versi terbaru.

Baca Juga : Cara Mengatasi Android yang Mulai Lemot

Salah satu jenis virus yang sangat menggangu adalah adware.  Saat anda membuka browser maka akan langsung muncul iklan  daru homepagenya atau dari search engine bukan default bawaan browser.  Jika laptop anda mengalami hal ini,  maka laptop anda sudah terkena virus adware.  Hal ini disebabkan oleh kecerobohan anda dalam menginstal suatu software tanpa memahami dan membacanya dahulu.  Cara paling itu untuk mengatasi virus adware adalah dengan memakai software "Adwaare Remover".

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Seiring dengan berjalanya waktu,  maka sudah banyak aplikasi yang terinstall di laptop anda.  Ketika anda menginstall suatu aplikasi maka akan menciptakan hubungan antara sistem operasi dan aplikasi. Sekalipun anda tidak memakai aplikasi-aplikasi ini, mereka tetap bisa memperlambat sistem anda. Dengan membebaskan aplikasi-aplikasi yang tidak penting akan membebaskan ruang laptop dan menjadikan kinerja sistem semakin cepat.

Mungkin itulah artikel yang bisa Cara Terkini  bagikan kepada Anda semua mengenai 5 Tips  Untuk Mengatasi Laptop Yang Mulai Lemot Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dalam penulisan mohon saran dan keritiknya dan bagi yang mau menambahkan silahkan isi di kolom komentar. Terimakasih Telah Berkunjung Semoga Artikel Saya ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda semua