-->

Inilah Fungsi Komponen Rem Cakram pada Mobil

Di era modern seperti sekarang, penggunaan rem cakram sebagai sistem rem didalam kendaraan, sering di aplikasikan didalam produk-produk otomotif, khususnya mobil. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam komponen cakram dalam mobil. Perlu anda ketahui bahwa sistem rem cakram mobil ini terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu:

1.    Caliper
2.    Cakram atau Rotor Disc dan
3.    Brake Pad atau Disc Pad

Inilah Fungsi Komponen Rem Cakram pada Mobil

Rem cakram atau disk brake mobil mempunyai fungsi yang membuat sistem rem semakin efektif. Cara kerja sistem rem hidraulik tipe cakram, merupakan suatu sistem yang dipakai untuk mempermudah jalannya sistem rem didalam mobil. Ketika seseorang menginjak pedal rem, otomatis minyak rem akan dengan efektif mendorong piston yang terdapat di caliper rem. Jadi sistemnya yaitu berjalan ketika daya pengereman terjadi akibat gesekan brake pad (disc pad) yang diakibatkan oleh piston kendaraan dan hasilnya menekan disc rotor (piringan cakram).

Adapun fungsi-fungsi utama rem pada mobil yaitu semakin membuat aman pengendara saat melakukan parkir di lokasi yang menanjak dan menurun. Selain itu seperti kita ketahui bahwa fungsi utama rem cakram yaitu menghentikan laju kendaraan dengan cepat dan mengurangi kecepatan kendaraan. Rem cakram juga berfungsi sebagai alat pengaman utama agar pengendara dapat merasakan ketenangan ketika berkendara.

Selain itu rem cakram pada mobil mempunyai beberapa kelebihan lain yang sangat bermanfaat bagi pengendara, yaitu:

1. Jika komponen rem terkena air, maka akan lebih cepat kering.
2. Lebih mudah dalam hal perawatan.
3. Pembuangan panas yang lebih efektif sekaligus pelepasan panas.
4. Bagian-bagian rem yang sederhana.

Selain kelebihan-kelebihan yang tertera diatas, rem cakram atau disc brake pada mobil juga mempunyai tipe-tipe cakram yang perlu kita ketahui bersama, yaitu:

1.    Duoble Piston


Tipe double piston merupakan sistem rem yang terjadi ketika daya pengereman muncul ketika brake pad dipress oleh kedua piston rem dari kedua area sisi cakram.

2.    Floating Caliper


Berbeda dengan double piston, tipe floating caliper hanya memiliki satu piston. Sistem rem terjadi ketika tekanan hidrolik dari master cylinder mempressure piston utnuk menekan brake pad pada bagian dalam. Disaat yang sama, caliper juga mempress brake pad pada sisi luar untuk kemudian menjepit piringan cakram. Sistem ini berjalan akibat adanya pen caliper yang membuat caliper berfungsi.