-->

Cara Mengecek Kinerja OCV Pada Mesin VVT-i

Kali ini Cara Terkini akan memberikan panduan tentang cara mengecek kinerja OCV pada mesin VVT-i. Bagi anda sebagai pemilik mobil, tentu mendambakan performa terbaik pada mesin mobil anda. Khususnya performa OCV pada mesin mobil anda, yang tentunya anda harapkan untuk selalu dalam performa terbaik.


Didalam sistem mesin mobil, Oil Control Valve (OCV) merupakan salah satu unit yang mengontrol pembukaan saluran oli yang menuju VVT-i. Lebih spesifik OCV mengatur jalannya pembukaan katup hisap mesin mobil dengan kapasitas yang disamakan dengan beban mesin. Fungsinya yang sangat penting tersebut, membuat OCV memerlukan intensitas lebih dalam penanganannya.

Nah mungkin anda terus bertanya-tanya, apa itu yang disebut VVT-i? VVT-i merupakan komponen didalam mobil yang fungsinya mengontrol sirkulasi katup agar mencapai kondisi maksimal ketika idle dalam rotasi yang tinggi.

Cara mengecek kinerja OCV pada mesin VVT-i :

Perlu anda ketahui bahwa dalam mengecek kinerja OCV Valve pada VVT-i terdapat 2 teknik yang mendasar, yaitu:

1.  Memfungsikan pengaturan aktif test atau disebut juga aktuator test dalam alat scan mobil untuk mensetting kinerja OCV. Ketika memfungsikan aktif test, anda bisa memilih setahap demi setahap test kerja ocv ini, mulai dari tingkat minimal hingga yang maksimal hingga akhirnya mesin mobil mati, perlu anda ketahui bahwa hal ini dikerjakan ketika mesin idle.
Catatan: Apabila sistem VVT mampu dioperasikan lewat Active Test, hal ini dianggap sudah berjalan dengan normal. Intensitas oli dan filter oli OCV harus dalam keadaan baik dan tidak tersumbat.

2.  Dengan cara manual tanpa menggunakan alat scan mobil. Salah atu cara yang bisa anda lakukan dengan tanpa menggunakan scan tool yaitu dengan melepas soket OCV, untuk kemudian mensuplai arus listrik secara langsung, dan memfungsikan tegangan aki sebesar 12 volt. Yang harus anda ketahui juga bahwa kutub negatif dan positif boleh terbalik, hal tersebut karena anda harus mensuplai arus listrik pada bagian gulungan spul OCV. Pastinya hal tersebut dilakukan saat mesin idle.
Indikator-indikator OCV masih dalam kondisi aktif dan berfungsi secara normal yaitu ketika diberi aliran tegangan 12 volt dalam soket OCV, maka hal tersebut membuat mesin akan mengalami penurunan dan otomatis mesin akan bergetar dan biasanya mesin akan mati ataupun langsung mati dengan sendirinya.

Mungkin itulah sedikit pembahasan tentang Cara Mengecek Kinerja OVCPada Mesin VVT-i, semoga saja dapat membantu dan menjadi titik temu dari apa yang anda cari. salam sukses